Friday, October 27, 2023

Dunia Rantau.

 Kata siapa kehidupan dirantauan akan berjalan sama saja seperti sebelumnya. Kehidupan akan lebih berat dari pernah terkira sebelumnya. Untuk kaum menengah kebawah perekonimiannya, menjadi anak rantau  sudah pasti mengemban keinginan yang mendalam dan ketangguhan niat untuk bisa sukses ditanah rantauan. Untuk bisa mempunyai kehidupan yang lebih baik. Ya paling tidak, bisa berkembang dan meningkatkan value diri, kalau-kalau nanti harus kembali lagi ke tanah kelahiran sudah bisa lebih baik dari sebelumnya.

Tapi, dibalik ketangguhan dan tekad yang bulat itu tersimpan segumpal kepedihan yang mendalam. Bahkan kehidupan yang bisa berubah 180 derajat. Diri akan jadi sosok yang asing dilingkungan itu, Tidak ada orang yang sama yang kita temui sebelumnya. Mengadaptasikan diri dengan  kondisi lingkungan yang kadang berbeda jauh (misalnya cuaca, polusi, kemacetan, dan kenyamanan lingkungan yang kita dapatkan sebelumnya). Bahkan untuk  hal makanan yang lumrah (gak terlalu beda jauh, karena masih di Indo), itu adaptasinya sedikit meringis. Yang lidah tadi palet rasanya dari orok udah gitu, harus disesuain lagi untuk bisa menerima makanan apapun, walaupun namanya sama tapi rasanya bisa jauh berbeda.

Problematic yang awal jadi anak rantau tentunya tempat tinggal ya. Ya, alhamdulillahnya kondisi saat ini diuntungkan dengan tersedianya fasilitas penginapan karyawan bersama. Alhasil gak perlu pusing dengan tempat tinggal, perabotan alhamdulillah tersedia, tempat tinggal yang deket banget dari kantor (bahkan kerjanya dari penginapan/mess itu). Yah intinya drama kayak harus cari kosan, nyari yang deket dan murah dimana, harus beli kasur, lemari, kompor, perabotan rumah lainnya tuh gak terlalu dipusingkanlah. Yah paling yang dramanya apa-apa agak mahal aja kalo beli disini. Apalagi pasar swalayan disini, bisaa mahalnya kebangetan. Drama ini bisa diatasi sih dan bisa dianggep gak ada untuk dirasain.

kalo dulu ditanah kelahiran, mau kemana aja gampang. Ada fasilitas kendaraan pribadi dari keluarga. Jadi kemana-mana yang bisa pake motor, kalo mau ramean pergi keluarga ada mobil keluarga. Dirantauan ? mau kemana-mana tu kalo gak ngandelin transport umum (krl,mrt,transjakarta) atau ojek online. kalo mesti ojek online terus biayanya lebih gede. Buat ngakalinnya gitu mesti jalan kaki dulu untuk bisa lanjut ke tranportasi umum kota. Ya, apa-apa serba jalan dan agak ribet dan makan waktu biaya yang cukup besar juga. Sebenaernya gak massalah juga sih buat jalan, toh sekalian olahraga kan ? yaaahh, problematicnya yang ini masih bisa dianggap ada tapi gak yang terlalu mengganggu banget ya.


Ada lagi problematic yang muncul untuk seorang extrovert, ketika yang dulunya enjoy bercengkrama, haha...hihi.. dengan banyak orang yang dikenal. Ditanah rantauan, akan ngerasa sangatttttt amat sedih. Apalagi kalo selama aktivitas di rantauan waktunya dan fokusnya lebih ke pekerjaan, pasti gak akan punya waktu selonggar sedia kala. kalo pun ada waktu longgar, yang dipake buat istriahat aja. Dipakek buat nyiapin fisik menyambut pekerjaan selanjutnya. Buat membuka relasi baru mungkin harus lebih effort banget (terutama aku, yang kerjanya sekarang sebagai editor dan kerjanya dengan tim yang gak terlalu banyak, ditambah kerjanya emang WFH). Kalo lagi sendiri tuh suka sedih banget, kalo diingat kalo setiap sabtu dan minggu itu jadwalnya agak padet bertemu dengan berbagai orang terdekat (keluarga, teman, kegiatan relawanan, kajian, kadang freelance foto juga). Itu sih sedihnya, disaaat rindu gak bisa langsung buat gercep ketemu. Yang ada banyakan nangisnya dulu buat ngobatin rindu. Kalo kata fiersa nabung di celengan rindu.

Berkaitan dengan relasi, gak setiap orang baru bisa nerima kita 100% baik dan buruknya kita. Disaaat kita relasinya di tanah rantauan cuman segitu doang, pasti gak ada yang namanya tempat cerita yang lain (pov:gak ada tong sampah). Jadi apa-apa tu mesti sendiri, apa-apa yang dirasa yang diselesaikan sendiri, gak ada yang bisa diajak buat sharing.  Dan kalo kita mau sharing ke orang terdekat ditempat asal kita, kesannya kita kayak gak bisa mandiri, gak bisa menyelesaikan sendiri, kayak keputusan  ngerantau tu salah. Gini, maksudnya tuh, buat apa ngerantau kalo bawaanya ngeluh terus, yah mending balik aja gitu. Nah aku gak mau ada persepsi gitu, yah walaupun muncul pertanyaan mampu gak yah aku buat ngerantau tapi senggaknnya masih diusahakan untuk bisa bertahan, untuk kuat dengan tekad dan keinginan. Yah kadang mellow aja, perlu didengerin, perlu ada temen cerita gitu.

Yah masih banyak sih problematic dan drama yang dihadapin selama 5 bulan jadi anak rantau. Pahit getirnya tuh udah lumayan banyak ditelen. Ngerantau tu samaa kayak hijrah. Hijrahnya itu selalu diawalin dengan gak nyaman. Benerkan ? Selalu butuh penyesuaian disana sini, walaupun warna bendera yang berkibar masih sama, tetep aja ada ketidak nyamannya yang harus dihadapin

 tapiiiii diluar dari getirnya kehidupan yangdialami, ada hikmah yang bisa diambil dan paling membuat bersyukur bisa ditakdirkan untuk ngerantau tu, saaat kita bisa bergantung total ke Allah SWT. Apa-apa yang tau sulitnya kita ya Allah dulu. Ngadu apapun itu yang pertama ke Allah. Dan ngerasa kalo di rantauan ini, bisa lebih menghargai hal kecil, bertanggung jawab dari tugas, barang pribadi dan waktu, punya keinginan lebih tinggi untuk meningkatkan kualitas diri, dan utamanya sih mandiri.


No comments:

Post a Comment