Friday, December 25, 2015

Kampung SI 2015 - Be a Creative Adventurer

Setelah sekian lama nggak ngeposting, akhirnya ada juga waktu untuk sekedar berceloteh ria di blog ini :’) .

well kali ini aku bakal cerita tentang pengalaman tentang adventure singkat di acara kampung SI. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 28-29 November 2015. Ehmm, Kegiatannya seru banget yah walaupun  selama kegiatan itu capeknya luar biasa. Bukan cuman capek aja, tapi banyak banget yang jadi penghalang kegiatan ini.



Peserta yang ikut kampung SI kali ini lumayan rame emmm,  kurang lebih 138 peserta dan dengan jumlah panitia sekitar 50 panitia. Ramekan? Kegiatan ini diadakan di outbond D’camp dikomp TNI AU. Sebelum berangkat kesana kami harus kumpul dulu Di MDP, trus kami berangkat kesana bareng-bareng. Sialnya Pihak kedua *anggap sajaa seperti itu*, tidak menepati janji yang seharusnya. Seharusnya kami semua dibawa dengan mobil yang telah diperjanjikan sebelumnya tapi ternyata kami justru dioper ke pihak lain. Dan pihak lain Hanya Menyediakan 2 Mobil bus dari 3 bus yang kami pesan. Alhasil gara-gara itu juga acara yang dijadwalkan jadi molor . :’(. Dan makin diperparah dengan kondisi yang saat itu sedang hujan deras dan juga dapet kabar dari panitia yang  stay dari pagi di D’camp, ternyata tendanya belum selesai dipasang dan juga peralatan untuk gamenya juga pada ilang gara-gara dimaini anak kecil.  Dan Keliatan banget kalo situasi saat itu KLABAKAN banget ~~~

Setelah semua pesertasampai ditempat penurunan yang telah ditentukan, peserta pun memulai petualanngnya. Sayangnya karena kondisinya saat itu aku bukan pendamping kelompok dan juga bukan peserta, jadinya aku langsung stay di tenda D’camp dengan panitia-panitia yang lainnnya –rasanya itu pengen nyoba untuk adventure dihutan, ya walaupun dihutan kawasan TNI AU yang dulunya pernah dijelajahi— Fiuhhh,, kami disajikan pemandangan yang  berbeda dari biasanya. Kiri kanan hanya melihat lahan kosong yang luas, pohon-pohon menjulang  jalanan yang hanya dilewati segelintir kendaraan dan beberapa perumahan sederhana penduduk sekitar. Sukses memanjakan mata sejenak. 
Setelah semua peserta telah menyelesaikan misi yang diberikan panitia yaitu adventure dihutan, peserta berkumpul dilapangan dan briefing untuk persiapan nanti malem. Udah kelar briefing, peserta-peserta pun bersiap-siap untuk acara nanti malem ada yang mandi lah, ada yang foto-foto dll. Tapi sedihnya itu, karena toilet hanya disediakan 6 toilet utk cewek dan 4 toilet utk cowok, alhasil pesertapun pada ngatri. Dan sialnya, pas lagi rame-ramenya orang mau mandi, airpun mati. Jadinya yg nggak kebagian air, pada nggak jadi mandi. Kamipun panitia pada nggak mandi, hahhaaaa…  :D
Tarangg,, ternyata ada aja peserta yang tumbang.. sekitar 3 orang. 1 orang diantaranya ada yang nyeleneh, nggak tau deh sakit beneran atau nggak yang jelas dengan adanya dia situasi dibascamp rada rame. Ehmm.. namanya kalo nggak salah ery.  Aku,imel, puji dita,amik dan  micel yang always stay dibascamp dan ngejaga mereka rada terhibur dengan keisengan si ery.

Tibalah pada acara malem hari. Yah seperti biasa acara awal yaitu kata sambutan dari ketua pelaksana dan lain. Agak lama kemudian si ery merasa agak mendingan, dan mutusi untuk ikut kegiatan malem itu. Tapi lain halnya 2 orang yang sakit tadi, mereka mutusi untuk pulang kerumah.  hufft acara malemnya nggak menarik, gimana nggak sound systemnya nggak jelas, angin-anginan. Hiburan band pun jadi berantakan, bahkan band mahasiswa nggak jadi tampil gara-gara sound systemnya nggak bagus :’(. Yah menurut aku si pas sharing alumni jadi nggak terlalu kedengeran, yah mungkin nggak maksimal lah didenger peserta. Trus ada acara stand up comedy juga lo malem ini . YEYEEYYE,, stand up comedy yang dibawain oleh salah satu panitia “Biondy”. Stand up comedynya si lucu, tapi rada garing. Tapi patut diancungi jempol dan diberi aspirasi karena keberaniannya bediri didepan orang banyak apalagi untuk membuat orang banyak ketawa itu susah banget.

Setelah selesai acara formal, trus dilanjuti dengan acara api unggun. YUHUUU… Keren pisan euy… Apinya menyala-nyala, tinggi banget. Ternyata untuk membuat apinya bertahan lama, harus dilempar apinya pake garem. Jadi pas garem kena api unggunnya, api unggunnya rada ngeluari kembang api alias germecik kilauan api. Suasana jadinya hangat euy. Emm,, api unggunnya bertahan kira-kira 45 menit.  Setelah puas berfoto-foto dan menikmati api unggun, tiba lah games kelompok. Games oper hula-hup. Walaupun gamesnya sederhana cukuplah untuk mengisi kegiatan malem. Setelah kelar acara malem, semua peserta dibubarkan dan kembali ketenda masing-masing untuk beristirahat.
Huft lumayan capek euy. Awalnya aku vicky sama puji mutusi untuk tidur ditenda. Aku rada aware tidur ditenda takutnya yang ngebanguni aku nanti bom. Emm,, jadi ceritanya gini, kita udah prepare untuk nanem bom *nggak tau ni yg dimaksud bom itu kyk apa* yang udah ditanem didalam tanah, nah bomnya itu ada diantara tenda cewek dan cowok, jadi pas jam 4 subuh itu bom bakal meledak dan ngebanguni peserta-peserta yang masih terlelap. Dan juga pas didalem tenda ternyata nggak ada space lagi ada sih tapi kotor jadi aku mutusi untuk balik tidur dibascamp.

Huftt… jam pun nunjukin jam 12 malem, tapi mata pun belum mau untuk terlelap. Jadi sekitar 12 malempun suasana di luar *bascamp* pada rame yah gimana nggak pesertanya masih banyak yang kelayapan. Ada yang baru mau mandi lah, ada yang sekedar duduk dan ada yang main kartu. Pas tengah malem aku sama imel malah ngerumpi sama si azmi. Kami ngerumpi masalah status dia sama sama salah satu temen anggkatan kami. Ternyata ehgg ternyata apa yang kita tau dari temen seangkatan itu berbeda dengan fakta yang ada. Nggak tau deh yang mana yang bener. Tapi lumayan lah untuk mengisi kekosongan pas malem-malem yang susah tidur.  Pas sampe jam 2 kami berceloeh ria *kayaknya kk erwin yang lagi tidur, terganggu dengan kebisingan kami saat itu*.  

sekitar 15 menit dari jam 2, bu della udah bangun dan ngajak anak-anak yang masih terjaga untuk pergi keluar nyari makan. Karena niat untuk tidurpun lebih besar dari pada rasa laper, aku mutusi untuk tetep tidur dan minjem tempat tidurnya bu della *tempat tidur yang dibungkus kebadan kayak kepompong*.  Alhasil dengan tidur didalem kepompong itu aku bisa tidur walaupun cuman 1 jam. Sekitar jam 3 aku pun bangun, berbarengan dengan suara gaduh, dan ternyata rombongan bu della udah pada balik dan aku pun tersadar ternyata vicky udah pindah tidur disamping aku. Ahahhaahaa..
Karena air ditoilet sana masih mati kami *aku,vicky,imel,dita,puji* mutusi untuk mandi diwisma yang khusus untuk kami. Ternyata hal yang sama terjadi, kami terlambat ternyata air dikamar mandi wisma itu juga mati. Alhasil kami mandi pun sekedarnya. Hahhaaa.. pas giliran imel sam puji mandi, airpun ludes. Aku coba untuk cari sumber yang bisa untuk ngidupi air. Tapi ternyata nihil airnya tetep nggak idup. Satu-satunya sumber air hanya ada di kran depan. Dari paada nggak mandi sama sekali kami nadahi air dari satu-satunya sumber air terdekat. Hufttt untuk dapeti air sekitar seperempat ember besar lamanya bukan main, air yang idup pun kecil banget.  Ini yang namanya harus menghargai air. Pas airnya lagi banyak-banyaknya dipake sembarangan ehggpas lagibutuh banget airnya sedikit.

Jam setengah 5 pun udah ramenya minta ampun, udah kayak pasar subuh aja. Peserta-pesertanya udah prepare untuk bangun. Beruntungnya mereka, airpun ternyata hidup. Kita yangdiwisma menghemat-hemat air, ehg ternyata disiniarinya bayak  :’(.  Dan bom yangditanampun nggak jadi untuk dihidupin. Yah nggak sprice, nggak gereget.

Pas di bascamp ternyata kami kehabisan gas, padahal mau masak air hangat untuk buat teh sama kopi. Masakpun jadi ala kadarnya. Yupss menggunakan bara api, baru kali ini masak pak api unggun. Buat masaknya pun kita harus nyari rantingnya dulu. Rantingnya nggak boleh yang masih muda soalnya bakalan susah jadi apinya.  Sensasi panasnya api berasa banget. Apalagi untuk membuat jadi bara api butuh waktu lama dan nunggui airnya mateng itu lama banget. Pas airnya mendidih kami kebingungan gimana caranya ngangkat airnya. Ehmm,, sekitar 2 orang cowok yang ngebantu ngangkat airnya, tarang yang terjadi airnya jadi tumpah menyisakan setengah. Ohh tidak !! tapi utunglah nggak ada yang kenapa-kenapaa.

Kegiatan pagipun dimulai, peserta diajak olahraga pagi.Yiap lari pagi disekitar komp TNI AU, lagi-lagi nyesel nggak ikutan lari-lari. Padahal nuansanya masih sejuk bnget, masih asri tanpa asap kendaraan. Dibascamp si azmi ngeluh kesakitan nggak tau kenapa? Apa mungkin gara-gara begadang semalem. Oh iyaa aku merekap jadi divisi konsumsi. Hehehe.. Jadinya kegiatan pagi ini ngerecoki didapur untuk buat teh dan kopi. Hehehee.. aduhh aku nggak tau gimana rasa kopi yang aku buat, kepaitan kah atau malah jadi kemanisan. Hahahhaa maaf kan saya ini yang nggak terbiasa buat kopi dalam jumlah yang banyak.

Sekitar jam setengah 7 peserta pun udah pada ngumpul disekitar lapangan belakang (area air modeling). Jam segini aja masih sejuk gimana jam 6 tadi pas lagi keliling lari. Well, kami pun nyusuli peserta lain disana. Pas kami dateng, pesertanya udah pada sibuk cari view yang bagus untuk berfoto ria. Ini jadi kesempatan kami untuk ikutan foto juga. Foto didepan helikopter. Yippi…
Setelah peserta selesai bernasis rianya, kita semuapun mutusi utk balik lagi ke D’camp untuk sarapan pagi. Pas balik  ke bascamp ternyata disana masih banyak yang masih terguling-guling ria, termaksud si azmi. Tapi kayaknya ada yang beda ? ntah lah.

Setelah selesai ngebagii sarapan pagi ke peserta, kamipun panitia bareng-bareng sarapan. Ehg ternyata pas kami lgi rame dalem bascamp si azmi berteriak kesakitan. Nggak tau kenapa, si ngerasa kesakitan bagian kakinya. Nggak bisa digerakin. Karena kami kebingunagan kami manggil bapak-bapak TNI nya. Pas dilakukan relaksasi dengan kakinya, duhh keliatan banget dari ekspresinya si azmi kalo itu tu sakit banget. Ternyata setelah Bapak-bapak itu turun tangan, nggak telalu ngaruh sama kondisinya si azmi. Si azmi semakin susah gerakin badannya. Akhirnya si rian turun tangan Jadi tukang pijet. Dengan bermodalkan balsem dan koin seribu, si rian berekasi. Brrrr… reaksi si azmi makin lucu. Bukannya kita semakin iba dengan dia karena teriakan dan ekspresinya justru yang kami lakuin ketawa semakin kenceng. Wkwkkwkw…. Hahahaaa, abisnya dia teriaknya kayak ibu-ibu mau ngelahirin si. Apalagi ngeliat mukanya sampe nangis gitu jadi buat kita makin geli ngeliatnya. Suasana pun semakin pecah. Hahahhahahaha thanks a lot azmi, berkat kamu kamu jadi sedikit terhibur. Maafkan kami yang seneng banget nertawain kamu pas lagi kesakitan :D.

Acarapun dilanjuti dengan pembukaan dari pak wahyu. Setelah kegiatan dibuka, selanjutnya acarapun diambil alih oleh pihak TNI. Sebelum mulai games sebenarnya. Kami mulai dari huiburan kecil. Dengan bernari-nari ria ala TNI. HHAHAHAA.. lucu sekali gerakannya. Bahkan karena gerakannya aneh, jadi di pleseti anak panitia cowoknya jadi gerakan yang lebih lucu. :D setelah selesai bernari-nari nggak jelas, Tni pun nyuruh pesertanya untuk buat lingkeran. Ehg,, kami terkejut ternyata si azmi udah rada mendingan dan ikutan gabung bareng kita. karena kakinya si azmi lagi sakit, justru jadi sumber kelucuan kami. Alhasil ketika musiknya *lagu dangdut* diplay,  kami niruin gaya azmi lagi jalan sambil kesakitan. Hahahaaa…

Setelah puas gamesnya yg muter-muter itu, Lalu Pihak TNI AUnya mutusi untuk membentuk kelompok dengan format yang berbeda. Setelah selesai membentuk kelompok, gamespun dimulai. Tapi pas games mau dimulai, kamipun diguyuri hujan. Hujannya lumayan deres. Karena aku sadar aku saat itu lagi dapet dan nggak mungkinuntuk basah-baasahan aku mutusi untuk berdiam dibascamp. Tapi karena ngeliat situasi diluar camp yang lagi kelabakan, akhirnya aku mutusi untuk keluar. Nggak apa deh basah-basahan. Setelah kelar Ngebantui yang lainnya nutupi jendela disamping tenda. Ternyata tenda cewek bocor. Alhasil kami harus nutupinya pake banner yang kami bawa dari mdp. Yuhuuu.. pas lagi ngebeneri tenda cewek yang lagi bocor, terasa banget team worknya. Terasa banget kebersamaannya. Bahkan aku yang cewekpun juga ikutan untuk kerjasama dengan mereka. Ini yang namanya sweet moment saat hujan. Hujan emang selalu membawa kedamain *walupun kita rada kerepotan dibuatnya*. Bahkan salah satu pesertapun *sayangnya aku nggak tau naman anak itu* ikutan ngebantuin masang banner ke atas tenda, untuk nutupi bocornya tenda.

Setelah huru hara karena kehujanan. Kegiatanpun dilanjutkan. Widih banyak banget gamenya, rasanya aku pengen ikutan main. Tapi apa daya aku mah panitia :D. Ada yang manjat lah, ada yang gendong-gendongan. Ada yang merunduk-merunduk bahkan sampe tindi-tindian *games tapak bumi* Seru banget lah intinya. GAMES babak pertama selesai. Pesertapun disuruh kumpul lagi untuk makan siang.

Makan siang kali ini nggak terlalu nikmat. Lauknya nggak selera banget untuk dimakan. Alhasil, aku makan siangnya jadi lama banget ngunyahnya. Seru,, kami makan bareng didalem dcamp. Menikmati kerasnya ayam yang dikunyah. Tapi sayangnya dari games tapak bumi salah satupeserta yang berbadan besar tumbang. Awalnya si dia cuman keliatan lemes tapi pas aku banguni untuk nyruh minum teh, dia nggak bergerak sama sekali. Bahkan badanya jadi kaku banget, dan pas dibanguni nggak ngerespon disitu aku langsung kebingan. Orang-orang yang ngeliat pun juga cemas, takutnya dia kenapa-kenapa. FIX anak itu pingsan. Karena cemas dan kahwatir dengan kondisi anak itu kami manggil pihak TNI dan langsung mutusi untuk ngebawanya ke puskesmas yang ada di TNI AU. Ternyata anak yang pingsan tadi adalah anak yang dari semaleman nggak tidur dan main kartu, apalagi tu anak semalem udah mandi 3 kali mandinya pas tengah pula. Hadeeeeh… gimana nggak tumbang  coba   X_X

Well kita setelah dibawak ke rumah sakit, akhirnya kondisi tu anak membaik dan dibawa lagi ke D’camp. Syukurlah.. kegiatan outbond sebenarnya dimulai. Yippi. Gamesnya lebih seru. Dan kebetulan aku jadi salah satu PIC kegiatan. Games keduanya lebih games kembali ke alam. Kerasa banget kayak orang yang masa kecilnya kurang bahagia. Hahahaa… terutama panitianya ni, dari awal nyiapi wahana games dikolam sampe jadi PIC  games, malah mereka yang paling seneng Yah gimana nggak kapan lagi coba nyemplung-nyumplung gitu, main-main kotor tanpa batesan apalagi dilakuinnya bareng-bareng. Pasti seru pisan euys. Tapi sialnya karena aku lagi berhalangan dan nggak mungkin banget untuk nyemplung-nyemplung jadinya aku hanya jadi penonton aja. Hehehehe… atpi beruntungnyaa aku PIC gamenya bareng adek hery. Hery tu salah satu adek tingkat yang unyuk dan baik. Orangnya nyenengi meskipun pendiem. Hehehe..

Udah kelar jadi PIC game, aku mau nyoba main flying fox. Kebetulan si eel sama imel mau ikutan nyoba juga. Tapi pas mendekati antrian yg kedepan, kita semua disuruh ngumpul. Huft disitu aku bingung antara mau ngelanjut naik atau ikutan ngumpul. Yang nambah bingungnya si imel dan eel mutusi untuk nggak jadi naik. Yaah semakin gundah gulana la aku disitu. Tapi aku mikir mungkin kesempatan kayak gini nggak akan kerulang lagi, so aku tetep nekad meskipun harus diliatin sinis orang lain. Tiba lah saat aku meluncur.  Tapi sialnya diatas aku justru dikerjain sama kk TNInya disuruh teriak gini “SIAP NAMA SARAH SOLVIANI SIAP MELUNCUR.” Apalagi harus kenceng, mending kalo teriaknya sekali ehg ini berkali-kali –Menyebalkan--. Apalagi pas aku liat kebawah semua orang pada ngeliatin lagi. Hufft terimakasih kk TNI -__-.  Udah ahg biarin yang penting demi mimmpi bakalan aku lakuin, malu-malu dikit nggak apa de. Suinggg…. Seru sekali ngeluncur kebawah. pas ngeluncur terasa banget jantung lebih berdetak lebih kenceng kayak mau lepas.  Sialnya lagi-lagi aku dikerjain tapi kali ini aku dikerjain oleh aji dan hendra.  Mereka tega biarin aku bergelantungan diatas. Hufftt,, ditolongi apa kek. uhh,, mereka pura-pura nggak tau lagi, tapi setelah agak lama kemudian mereka juga ngebantuin. Hahahah :D adik yang baik. :*
Acara pun kelaar !!! setelah pengumuman pemenang lomba, sebagian peserta berkemas untuk naik bus. Sebagiannya lagi tetep didalm tenda. Dan lagi-lagi kepulangan kami juga dihantarkan hujan :”)
Dari kegiatan ini, berasa banget bedanya. Awalnya nggak tau namanya sekrang semua nama panitia aku tau, yang tadinya aku suka lupa sama nama mereka sekarang jadi inget dan hapal, yang dulunya nggak pernah teguran sekarang jadi suka negur. Bahkan aku ngerasa kayak punya adek sendiri apalagi kalo nggak dengan hery. Soalnya selama kampung SI aku sering baregan dia. Hehehhe.. inget ya bukan MODUS.

No comments:

Post a Comment