Sunday, September 6, 2015

ayo jelajah - 3

31 agustus 2015.
Setelah kemarin sore sempet explorer sedikit keindahan Negara kecil ini, tiba lah hri ini, hari terakhir menghirup udara singapure di trip bersama ini . Rencananya hari ini bakalan ke ngeliat Universal studio Singapore dan langsung ngelanjut explorer Negara Malaysia –kota Malacca--.

Seperti biasa, aku selalu exited yang namanya mengunjungi tempat-tempat baru, karena sangkin exitednya untuk jelajah jadinya aku bangun yang paling awal. Karena nggak tau harus ngapain. Aku langsung ke toilet dan bangunin orang-orang dikamar. Suer ngebanguni mereka itu susah banget, untuk ngebanguni mereka nggak cukup satu kali. Kalo nggak salah orang pertama yang aku banguni pandito, fatri. Pas mereka berdua bangun jadi sempet ada temen buat ngobrol. Hhahahaa.. karena suara ngoroknya ari yang masih memenuhi isi  kamar ini jadinya pembicaraan kami focuskan pada hal itu.  Tapi sialnya karena solat subuh yang masih lama mereka berdua mutusi buat tidur lagi.
Karena aku rada susah tidur gitu dan bed aku ada diatas, jadinya aku mutusi buat duduk-duduk di bednya imel.
Well sempet mikir dan nggak percaya aja selama 24 jam bersama mereka, tidur dalam satu ruangan dan ngeliat kebiasaan-kebiasaan masing-masing, susah bareng-bareng dan melakukuin hal secara bersama-sama untuk beberapa hari kedepan, akan kah menjadi trip yang menyenangkan (?).  apalagi semenjak adanya rintangan kemarin-kemarin yang menyita tenaga, akan kah menjadi menyenangkan (?).  entah lah…

setelah beberapa lama kemudian, hampir jam setengah 7, aku mutusi untuk ngebanguni mereka “LAGI”. Arrrghh…. ngebanguni mereka yang sebanyak itu susah pisan euy, untuk diajak ngelakuin kebaikan aja susahnya minta ampun. Bayangi aja untuk ngebanguni satu orang minimal harus ngebanguni selama 15 detik. Gimana yang susah bangunnya?? Well setelah semua orang udah pada bangun, kami langsung siap-siap untuk solat subuh. Negara ini sangat menyedihkan. Negara ini memang indah dan terasa hidup, tapi tanpa mendengar yang namanya suara azan Negara ini serasa dalam Negara yang mati. Emm.. untuk melaksanakan solat hanya berpatokan pada waktu yang kitapun sendiri rada ragu udah masuk solat atau belum. bener-bener kondisi yang menyusahkan.

Usai solat subuh yang lainnya mutusi tidur kembali, Seperti biasa tidur adalah hal yang paling sulit dilakuin Jadinya aku mutusi untuk siap-siap mandi. Pas aku prepare pakaian yang bakalan aku pake nantinya. Tiba-tiba ari mengeluh kesakitan. Disitu kami seisi kamar bingung harus ngapain. Maag Ari Kambuh, karena maag itu berkaitan dengan telat makan, spontan aku sama pandito langsung kedapur. Karena kondisinya yang rada panik dan maasih kebawa rasa kantuk, aku langsung nyiapi roti dan langsung nyuruh pandito buat bawa roti itu langsung keatas, well aku fikir dengan sedikit teh hangat bisa diminum tpi salah bahkan katanya bisa meningkatkan asam lambung, yah mungkin ini faktor bawaaan panik jadinya nggak sempet mikir kalo teh itu nggak bagus untuk org maag. Setelah dari atas aku langsung bergegas kebawah lagi untuk ngambili air hangat. Saat ari ngeluh kesakitan,hampir kami semua nggak tau  harus nglakuin apa, termaksud aku. Soaalnya aku nggak pernah ngalami itu nggak pernah tau rasaanya sakit maag yang sampe ngelilit kayak gitu jadinya bingung sendiri gimana cara menangani org sakit. Dan untungnya si pandito ngalami apa yang ari rasaain dan udah prepare sebelumnya obat-obatan. Syukurlah.

Ngeliat dan Denger ari ngeluh kesakitan bahkan sampe nangis tu rasanya nggak tega dan kuatir luar biasa,takutnya bakalan kenapa-napa. Trus si imel langsung ngabari kknya ari dan nyuruh kami buat ngasih susu, Dengan gesit pandito dan tio nyari susu disekitar penginapan kami. Setelah ari menggigit beberapa potong roti, teriakan sakit yang tadinya kenceng banget lama kelamaan tenang  yups pertanda sakit yang melilit tadi mulai hilang. Fiuhhh… akhirnya rada mendingan. .

apalagi ini, setelah kemarin dilanda kecemasan krn ditahan diimigrasi dan sempet remuk banget badan gara-gara lari-larian, dan sekarang salah satu dri kami ada yang sakit, ughh rasanya nggak tenang. Jangan sampe laa, ada yang kenapa-napa diantara kami. Dan jangan sampe juga aku sakit selama liburan ini. Kalo aku sakit bakalan ngebuat semua org kuatir dan bingung. Yah walaupun aku tipe orang yang nggak masalah kalo harus direpoti olh org, tapi rada nggak tega aja, harus ngerepoti org lain.

Setelah kondisi ari rada mendingan, kami mutusi buat ngelanjuti perjalanan ke universal studio.  Tapi sebelum berangkat kami prepare bawa roti,  siapa tau aja ada yang sakit lagi. Yippi akhirnya bisa ngunjungi universal studio singapure. Dengan kerterbatasan waktu kami hanya foto dodepan lingkeran yg ada tulisan universal studio. Emmm… sebenernya rada nggak puas, krn cuman bisa ngeliat ring itu aja nggak sempet ngeliat yg lain. Seketika keegoisan yang menghampiri fikiran untuk keliling, harus segera disingkirkan  krn kami harus lanjut kemalacca. Setelah selesai dari universal studio kami langsung ke wood land buat balikin STP. Yahh untuk terakhir kalinya naik mrt disingapur. Udah kelar dari loket, kami semua mtusi untuk makan di ananas tentunya makan nasi lemak. Wah saat ini, yang namanya makan adalah hal yang wajib dan kalo bisa nggak boleh telat, kalo telat kejadian kayak pagi tdi bakalan terulang lagi. Yah kalo sampe kenapa-kenapa kita juga yang bingung.

Pengalaman adalah guru yang paling baik. Dari pengalaman kemarin-kemarin, kami mutusi ngantri di imigrasi, nggak ngantri bareng-bareng tapi ngantri sendiri-sendri. Dan syukurlah  berjalan dengan lancar dan sesuai keinginan, alhamdullilah kejadian kemarin nggak terulang lagi.

Udah sampe di terminal larkin. Kami langsung beli tiket ke Malacca tapi pas di loket tiketnya cuman tersedia  jam 7 malem, semetara waktu menunjukkan baru pukul 2 siang. Pas keliling-keling ternyata ada calo ngejual tiket utk ke malaka. Harga tiket sebenernya 21 rm, tapi krn kami belinya di calo jadi harganya jadi 30 rm. Nggak apala yang penting nggak bosen sendiri nunggu 5 jam tanpa ngelakuin apapun.

Perjalanan ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam. Emm.. kira-kira sempet mejemi mata si selama perjalanan walaupun beberapa menit. Wau pas sampe di Malacca, suasananya tu brr tenang pisan euy walaupun rada panas. Kota merah, emg sesuai dengan namanya. Warna merah menyambut kedatangan kami. Suasananya hampir-hampir mirip di Barcelona, ada sungai yang mengalir di tengah kota, Yupp disini ada Sungai yang membentang di kota,  indah dan menenangkan walaupun aroma yang keluar sedikit mengganggu. Mata yang dari tadi rada sayu, tiba-tiba melek seketika pas ngeliat suasana ini.

Keindahan sederhana yang menyita mata untuk terus menatapnya. Awesome !!!

Perjalanan dari tempat halte kami turun, kepenginapan lumayan deket. Suasana rumahan pun mulai terlihat dri kejauhan, nuansa chinese nan sederhana menyambut kedatangan kami. Chengho guest house. Itu lah nama hostel yang saat ini kami tempati. Lumayan lah untuk jadi tempat persinggahan. Dan syukurlah, suara yang dari kemarin dinanti akhirnya bergema. AZAN. Rasanya legah bisa mendengar kembali suara ini. Suara panggilan yang mengingatkan manusia untuk senang tiasa beribadah kepada sang pecipta “Allah SWT”. Suara yang dirindukan disaat berada di Negara Singapura.

Setelah kelar solat magrib berjamaah di masjid, langsung deh kami keluar, keliling  malaka untuk cari tmpat makan yang “halal”. Rada jauh si tempat makannya dari hostel tapi its okay yang penting makan-makanan halal. Banyak tempat yang cozy yang menggoda untuk dihampiri, tapi sayangnya tingkat kehalalannya sedikit diragukan. Yah seperti sebelum-sebelumnya, lagi-lagi makan lauknya ayam, eneg-eneg deh makan ayam terus. Rasanya itu aneh banget, lagi-lagi kami harus beradaptasi dengan masakan disini. Tidakkk….. tiba-tiba disela-sela kami makan, imel kemudian mengeluh kesakitan. Imel seketika merasa perutnya seperti dilit-lilit, kayaknya maag deh kayak ari. Mual-mual gitu. Disitu kami dikejutkan kembali, kayaknya gak bisa yah liburan  tenang selalu ada shock terapi setiap harinya. Well abis kelar makan kami langsung balik lagi ke hostel. Kondisi yang sangat tidak memungkinkan untuk exploxer malaka.

Disela-sela perjalanan pulang kehostel, mata kami sempat dimanjakan dengan keindahan yang sederhana dari kota malaka, kilauan lampu yang menghiasi kota ini cukup membuat hati yang rada kuatir, seketika lepas dan tenang. Apalagi kilauan bulan yang bulat sempurna.

Seperti biasa insomnia menyerang. Kenapa disaat liburan seperti ini harus insomia ? menyebalkan … karena insomnia aku sempet nongrong brg fatri, imel dan soleh diteras lantai dua,  agak lama kemudian  yang lainnya pada ikutan nimbrung diteras.  Pembahasan awalnya  berat banget, pembahasan yang bisa dikatakan serius, bahas kehidupan rumah tangga, politik, ekonomi, horror story sampe hal yang nggak seharusnya dibahas. Ahh.. aku sendiri nggak ngerti gimana alur obrolan malem itu. Yang jelas aku jadi bahan bullyan mereka. -___-  where ever we are, aku selalu kena. Sial !!! how poor I am !! Satu hal yang baru aku tau dari mereka semua, mereka rada takut gitu sama hal yang berbau horror. Ohh tidak !! aku aja yang cewek berani.  Ckkckckckkc…


Emmm… Bru beberapa  hari liburan,udah 2 orang aja yang tumbang. Jangan sampe lah ada orang-orang selanjutnya yang tumbang, kalo sampe ada. Nggak tau deh mau ngapain.



























No comments:

Post a Comment