Tuesday, September 1, 2015

ayo jelajah - 2

Tanggal 30 agustus.
Setelah berjam-jam diperjalanan akhirnya tiba juga di tempat yg mungkin terminal bas  malay #larkin. Emmm. Diluar dri prediksi ternyata kami sampe disana jam setengah 5 subuh *wtk setempat *. Padahal kami prediksi bakalan sampe jam 6, trus kami langsung naik bus tujuan kantor imigrasi Tapi kenyataannya kami pun harus nunggu utk bisa kesana #sial. Banyak org yg menawarkan utk menggunakan jasanya, yang paling gilanya ada org yg menawarkan jasa taxi dgn bayaran 15 dolar Singapura. Sedikit bisa dikatakan wajar si kalo harus bayar segitu. Tapi karena kenyataannya kami adalah pelancong dgn budget yg sedikit pas-pasan, Waau disitu kami mutusi mending nunggui bus.
Sedikit aware duduk disekitar sana, soalnya ini tu dinegara org lain yg kitapun sendiri nggak tau gimana kenyataannya . Tiba-tiba ada bapak-bapak yg baru sampe diterminal trus dia ngeliat kami dan langsung nawari utk ikut bus yg di yg dia bawa. Bayarannya lumayan 5 ringgit per kepala. Dengan sedikit keraguan, kami pun langsung mengiyakan tawaran itu. Dengan tampang yg masih setengah sadar,* krn cuman bisa  tidur pulaas kurang lebih 1 jam 30 menit* aku melangkahkan kaki itu naik ke bas itu. Sial banget, knp disaat-saat kyk gini susah banget yg namanya tidur.

Well dgn tampang yg kurang lebih udah kayak zombie idup,kami pun tiba di kantor imigrasi. Siaal- sesialny, kami terhalang dikantor imigrasi. Hal hasil kamipun harus dibawa dan diintograsi di kantor imigrasi. Niat awal pengen cepet sampe disingapur, tapi ada-ada aja penghalangnya. Well, muka udah nggak jelas gimana ehg diperparah harus nunggu disana. Ohh tidak, setelah kmrin harus berkejaran dengan waktu dan tenaga pun tinggal sedikit lagi, kami harus ditahan disini. Apa salah kami pak dan bu. :'(  ... Well ternyata bukan kami aja yg ditahan,ternyata banyak juga org yg tertahan disini. prediksi aku, mungkin krn kami bergerombolan datang dan ngantri dikantor imigran. Jadinya gini deh. Soalnya banyak juga org yg tertahan krn dtg ke singapur rame-rame. Nunggu sekitar 2 jam dengan kondisi tenaga yg tinggal berapa persen lagi, ituuu rsnya parah-separahnya. Capek,kesel dan parahlaa intinya.pas dikantor imigrasi, aku sempet tidur. Alhasil mata makin merah tapi untungnya capek dan ngantuk yang dirasakan tadi rada ilang. Nunggu kira-kira 2 jam tapi pas di intograsi bentar bgt, kalo nggak salah Kurang dri 5 menitan. Karena yg lainnya udah masuk duluan, dan aku rada terakhiran jadi yg ditanya dikit. Yah paling ditnya bawa uang brp, trus perugas imigrasinya bilang kesingapur dgn 2 cewek ya, trus nanya kami sekampus atau nggak, jurusan apa, trus karena ktp sementara yang aku punya itu statusnya salah tulis, malah di tulia dgn *sudah menikah*, jadi aku sedikit dinasihati perugasny. Dan kebetulan petugas yg mengintrograsi itu cewek dan untungnya petugas imigrannya bisa bahasa malay. Setelah selesai dgn petugas imigrannya, kami langsung pergi ke woodlands utk beli stp *Singapure tour pass*. Harga satu stpnya s$26, dan uang kita bakal dibalikin s$ 10 kalo kita ngembaliin kartunya. Tepat didepan loket pembelian stp ada tempat makan yg insyaallah halal. Kami langsung mesen makanan, yg kami pesen nasi lemak harganya s$ 2,2,termaksud makanan yang sehat, halal dan murmer.oke setelah mengisi sedikit energi kami ngelanjuti perjalanan dgn kereta. Yippi naik kereeta lagi. Kami langsung menuju stasiun... Yg nggak jauh dri tempat penginapan kami. Well di Singapura kami nginep di traveller sg. Tempatnya rekomended banget bagi yg mau jalan-jalan, apalagi rame-rame kayak kami. Biaya sekali inep kurang lebih 130 rb yg kamarnya isi 8-10. org. Udah tempetnya cozzy,wifi on,tempatnya deket dgn tempat makan, dan sarapan pagipun kita dapt. Setelah sampe di hostel, rasanya merdeka banget. Seketika capek yg tadinya melanda luar biasa jadi rada tenang. Yang tadinya rada homesick rada lega bisa ngubungi mama. Yang tadinya keringetan dan bau krn seharian nggak mandi akhirnya bisa ngerasain air mengalir dibadan ini lah yg namanya nikmat yg sederhana. Sebelum lanjut jalan-jalan kami mutusi utk istarhat dulu .  pas bangun tu brr sensasinya dapet banget.

Buat beberapa hari ini rada insomia, temen-temen yang lainnya mudah banget tidur lah kalo aku harus nunggu dulu sekitar setngah jan atau sejam baru deh bisa tidur, walaupun konteksnya bdan ini udah remuk dan capek luarbiasa. Udah kelar istirahat sekitar jam 3 kami langsung mutusi buat Explorer Singapura, Keliling kota singapur gitu ceritanya.  Well krn waktu yang amat terbatas kami cuman ngeliat +foto didepan patung merlion,marina bay, art cience,singapur eye. Seru si akhirnya bisa ngeliat langsung keindahan negara kecil Singapura, yang tadinya cuman bisa ngeliat miniatur dan ngeliat dari tv,akhirnya aku juga bisa meninjakkan kaki disini. Dreams it and make it happend . Hahahahaa.. Mission complete!!!

Jalan kesana,jalan kesini, ngeliat ini ngeliat itu. Pegel euy.. Tapi nggak boleh ngeluh! Harus menikmati ini semua. Utk melakukan sesuatu yang kita inginkan emg harus capek dulukan? Kayak kata pepatah sakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

Setelah berfoto-foto ria di  sekitar merlion, kami mutusi buat cari oleh-oleh di bugis street. Udah sampe disana kami nggak tau dimana tempat pusat jualannya. Krn perut yg udah nggak mendukung kami mutusi buat cari makan. Seperti biasa cari makan yg kira-kira pas dgn buget. Masih disekitar mrt busgis street, kami nemui pusat jajanan. Well jajanan yg buat kami harus sedikit ngelus dada pas ngeliat harganya,makanan-makanan yv dijual disana keliatan enak-enak dan menggiurkan tapi Mahalnya kelewatan pas kami ubah nominalnya ke rupiah. Setelah berjalan kesana kemari kami mutusi buat beli nasi aja di kfc *kebetulan boleh cuman beli nasi doang* harganya cukup s$ 1, *mahal banget kalo dirupiahin*. Trus laukny kami beli ditempat lain. Jadi totalny cuman bayar *s$ 1,7 *, lebih hemat kalo kami harus beli nasi + ayam langsung di kfc. Rada ragu si buat beli lauk disana. Tapi ya udh la.

Well setelah kelar dri jalan-jalannya kami langsung mutusi utk balik lagi ke hostel. Udah sampe dihostel kami langsung makan makanan yg udh kami beli sebelumnya..  Rasa lauk dan nasinya rada aneh tapi kondisinya perut lagi laper yaudah makan aja la dri pada mati kelaparan.

Lanjut, kelar makan dan langsung solat ashar berjamaah. Krn waktu kami solat ashar yang rada mepet dgn maghrib, yaudah kami nunggu dtg solat magrib. Emmm... Hampir rata-rata yang lainnya pada tepar krn terlalu capek abis keliling,so abis solat mereka langsung berbaring. Lah aku, bagaimana dgn aku? Rada aneh si nggak capek-capek banget, sedikit ngantuk si sebenernya tapi tenaga tetep masih on jadi percuma  aja kalo dipaksa tidur. Setlah solat magrib, ari,ripan,dan uda fatri pengen keluar nyari kantor pos, yah krn masih banyak cadangan tenaga yg tersimpan aku mutusi utk ikutan mereka nikmati suasana singapur di malam hari. Disiang hari aja keren? Gimana kalo malemnya. Amazing!!  negara ini walaupun kecil,tapi krn tata kota yang rapi dan nggak aut-autan *berantakan*, tetep aja keliatan besar dan exited banget buat dikunjungi disetiap sudutnya. Setelah keliling beberapa blok dri hostel, aku perhatiin langit disingapur hampa banget walaupun kilauan lampu dinegara ini terang bgt, tapi tetep aja sunyi tiada bulan *maklumin aja, soalny aku penggemar suasana dimlm hri,yg sunyi tapi trang krn ada bulan*.setelah keliling,  kami langsung balik ke hostel. Pas mau tidur kamar kami dipenuhi dengan suara dengkuran, suara dengkuranny itu aneh banget. Emang bener setiap org punya ciri khas masing-masing, dan ciri khasnya ari ya suara dengkurannya yg kagak nahan. Dan seperti kemrin-kemarin masih tetep insomia, tidur dalam suasana sunyi aja susah apalagi denger suara yg sbenernya bising banget -____-. Untungnya malem itu sempet ditemeni fatri yg masih terjaga jadi kamar nggak sepi-sepi banget.

Mmm.. Rada kecewa si soalnya nggak bisa ngeliat+ngunjungi garden by the way. Padahal itu salah satu tempat tg lumayan exited dan punya view yg lumayan kece. Sayang sekali. May be someday  suaru saat kalo Singapura harus ke sana. Emm... Waktu singkat banget utk mengexplore negara ini. Dan besok kami harus pergi ke malaka. Dan rencanany bakalan ke dtg universal studio.