Sunday, September 6, 2015

ayo jelajah Malaka - 4

1 september 2015.
Hari terakhir dimalaka, dan besok mesti berangkat pagi-pagi ke Kuala lumpur. Uhhh… seperti biasa bangun lebih awal. Tapi sekarang lebih menyenangkan krn disaat bangun lebih awal dri wtk solat subuh, sempet mendengar yang namanya azan.  Subhannnllah ..
Well yang kebangun solat subuh berjamaah ada aku,imel,pandito,tio,soleh. Yang lainnya seperti biasa masih molor!! Selesai solat subuh berjamaah dimesjid. Aku langsung banguni yang laiinya. Well ngebanguni mereka itu susahnya minta ampun, terutama si ari sama ripan. Ngebanguni mereka itu serba salah dibanguni malah marah-marah, nggak dibanguni nanti kelewatan solat subuh.. ahhh …. Sudahlah….

Sekitar jam 7an ngebanguni mereka dan syukurlah mereka akhirny bangun juga tapi agak lama kemudian mereka  malah kembali tidur. Huftt … Karena semua org mutusi buat balik lagi kekamar, aku mutusi buat duduk-duduk dibawah untuk ngilangi perasaan bosen. Uhgg .. hal yang paling ngeboseni itu yah kayak gini. Saat tenaga udah terkumpul kembali dan kenyataannyan nggak ada hal yang bisa dilakukan. Pas duduk dibawah, ternyata salah satu org yang bantui ngurusi hostel ini org jawa, orang Indonesia. Well sedikit cerita-cerita gitu dengan si ibu, cerita kalo kemarin sempet ada orang Palembang juga yang nginep disini dan ngasih oleh-oleh kerupuk yang masih mentah. yah  Lumayan ngobrol-ngobrol dengan ibu ini, itung-itung ngilangi perasaan bosen karena nunggu. Sekitar jam 10an aku ngajak imel buat nyuci baju. Sebenernya kami nggak nyuci melakinkan cuman ngeletaki pakain kotor, yang nyucinya juga mesin cuci.

Setelah semuanya terbangun dan nyari sarapan masing-masing, kami kembali duduk-duduk diteras bawah. Well , ternyata yang dibahas ibu tadi pagi itu keluarganya ari. Dan aku baru sadar kalo keluarga ari ternyata sempet nginep disini. Aift!!!!

Sampe jam 12an pun, belum ada tanda-tanda dri mereka untuk keluar. Alhasil karena bosen yang terlalu berkecamuk didalam pikiran, aku mutusi buat keliling hostel sendiri. Kalau pun nyasar, yaudah nikmatin aja itung-itung cari pengalaman yang beda. Selama aku jalan sendirian akuu sempet ngeliat toko-toko seouvenir. Anehnya dari tempat ini, berasa bnget khas Indonesia. Aneka ragam souvenir itu tidak asing lagi kalo diliat Termaksud batik dan wayang. Ada gantungan kunci yang bentuk wayang bahakan wayang pun dijual dengan harga yang cukup mahal. Batik?? Beragam bentuk barang yg berhubungan dengan batik dari segi pakaian batik,tas batik,kain batik, topi batik bahkan ada yg ngejual kain kecil yang dibuat dengan cara dibatik.

Berbagai toko souvenir aku kunjungi, ada ni satu toko sovenr yang baunya uhgg menjijikan. Tokonya gotic pisan. Keliatan banget nuansa horrornya, jualan topeng-topeng serem gitu kayak tampang topeng reog, dan patung-patung buda uhg pokoknya serem deh tu toko apalagi baunya. Ada satu souvenir yang pengen banget aku beli pas keliling tadi, gantungan kuncinya itu bentuk dan bahan buatnya itu beda. Uh nyesel nggak bawaa uang pas keliling. :’( well karena udah terasaa panas yang bukan main, aku mutusi balik ke hostel. Pas dihostel aku ditanyain dari mana. Yah aku jawab aja dari keliling hostel. Pas duduk-duduk di teras, aku rada homesick, rada baper liat ada keluarga kecil yang keliatannnya lagi liburan. Yah baper ngebanyangi kalo keluarga kecil yang aku miliki  bisa kayak gitu, keliling bareng-bareng dan bisa seneng-seneng sama keluarga.  Yah untunglah tdi aku sempet  jalan-jalan tadi, se-enggaknya nggak terlalu bosen dan baper krn cuman duduk doang diteras. Azan zuhurpun mulai berkumandang, kami semua mutusi solat. Abis solat zuhur kami langsung mutusi untuk  makan siang.

Wah aku lupa apa nama tempat makannya, yang jelas lokasi tempat kami makan itu di pinggiran sungai. Rasanya itu aneh banget. Aku mesen kwetiauw ayam, aku fikir bakalan enak. Tapi apa, uhh aneh banget rasanya, yang seharusnya  ada rasa asin khas masakan chinese food, ehg yang ada hanya rasa manis yang rasanya pun rada susah dideskripsikan.

Udah kelar makan, kami semua mutusi buat explore malaka dan nyari oleh-oleh disekitar pasar tempat kami semalem makan malem. Pas dijalan ada orang chinese gitu nanta-nanya, tentang posisi yang bener dari tulisan itu. Awalnya aku bingung banget ini tullisan apa ini bener-bener nggak tau,terus aku Tanya ini tulisan apa trus orang itu jawab kalo ini tulisan allah. Wahhh…..  tulisan allah yang huruf “ha”nya ada dibawah, untung aja aku nanya gitu ya. Kalo nggak sumpah kelewatan banget kalo nggak tau.

Pas lagi jalan-jalan gitu dan kami stop disalah satu spot foto yang kece, tiba-tiba aku baper karena ngeliat ada sekeluarga kecil lagi jalan-jalan menikamati indahnya malaka bersama. Yang awalnya aku bisa nahan untuk nggak nangis, tiba-tiba diisengi oleh tio seketika air mata yang dari tdi ditahan akhirnya keluar. Oh tuhaan cengeng banget aku. Sempet-sempetnya saat liburan masih aja nangis. Semua orang tentu aja heran liat aku nangis, nangisnya pun nggak jelas krn apa. Alhasil semua org bertanya-tanya dan keliatan heran. Maaf kan aku teman-teman, disaat sepeti ini aku membuat kalian semua cemas cuman gara-gara homesick yang melanda. Well, aku berusaha untuk menangkan diri, dan sejenak melupakan hal yang menjadi penyebab kenapa aku nangis. Sayang banget kan kalo aku disini jauh-jauh, cuman bisa nangis doang. Hufttt…

Kesannya masih seperti kemarin, setiap sudut menyita mata untuk terus melihatnya. Keindahan yang sederhana tapi bisa membuat fikiran menjadi tenang. Disini banyak banget bangunan museum, jadi ceritanya dimalaka ini pusatnya wisata sejarah di Malaysia. Tapi sayangnya nggak satupun museum sempet dikunjungi, nggak sempet tuh yang namanya liat-liat apa aja yang ada didlm museum. Well perjalanan dilanjutkan, kami diajak ari keliling dan naik keatas puncak gitu, yang diatasnya ada bangunan tua. Setelah menaiki banyak anak tangga, dan sempat merasa lelah. Pemandangan dari atas yang disajikan sungguh menyenangkan, capek yang sempet melanda seketika hilang hanya dengan melihat view dari atas. View yang sangat memanjakan mata. Ngeliat setiap tempat wisata yang ada dimalaka, hanya dari satu tempat yang tempat rasanya itu wauuu super sekali…

Tepat diatas, didepan bangunan tua kami sempat dihibur dengan pengamen tua. Karena posisinya kami lagi capek, kamipun sempet istrahat sejenak, yang bersebelahan dengan pengamen itu. Setelah dia melantunkan nyanyian, selanjunya pengamen tua itu melantunkan kalimat yang kedengarannya seperti barisan sajak. Well mungkin aku terlalu terbawa nuansa, jadi setiap bait terdengar seolah-olah ia sedang berbicara dengan aku dan memberikan sebaris nasihat. Aku nggak terlalu ingat apa saja yang pengamen itu sebutkan. Yang jelas aku cuman inget, tuhan itu cuman satu. Dan jika kita tidak memiliki tuhan, maka kerakusan dan keserakahan akan meraja rela. Keruusakan dan keributan akan terjadii setiap menit. Waau luar biasa sekali kalimatnya. Andai aja aku bisa mengingat dan menerjemahan sendiri setiap bait dan nasihat yang diucapkan pengamen tua itu.

Setelah merasa puas berada disini, kami langsung mutusi buat turun kebawah. setelah berjalan-jalan kesana kemari dan ngeliat spot wisata sekitar malaka, kami mutusi untuk keliling cari oleh-oleh. Ngeliat setiap toko yang menjajakan buah tangan dan mencari buah tangan yang mungkin bisa dibeli dan dibawa ke tanah air. karena yang lainnya sudah merasa cukup nyari oleh-olehnya dan merasa capek, panndito,tio,ripan,soleh,fredy mutusi buat balik duluan ke hostel, sementara aku,imel,fatri,ari dan deka kami langsung ngelanjuti jalan-jalan untuk mencari oleh-oleh lagi. Pas disebrangan jalan kami ngeliat tempat penukaran uang. Kami mutusi utk nuker dolar yang masih tersisa. Aahahahaa… bukan cuman dolar singapur yang kami tuker tapi kami malah nuker mata uang lain. Hahhahaa, kebetulan tempat penukeran ini bisa nuker dalam jumlah sedikit. Jadinya kami sempet nuker uang lembaran dolar US dan uang selembaaran korea. Hahhaha… lanjut kami jalan ke pasar tepat disebrang toko awal yang kami kunjungi.

Toko disebrang jalannya ternyata lebih murah. Kalo ditempat awal kami nyari oleh-oleh satu set gantungan kunci 10 rm, tapi ditoko kedua hanya 7 rm. Lebih murahkan ? emmm… nyari oleh-oleh untuk mama susah pisan euy. Awalnya pengen beliin mama kain sama kayak fatri dan ari, tapi takutnya nggak kepake oleh mama yaudahlah mungkin nanti bkalan nyari  yang lain aja. Wah seru sempet belanja bareng mereka .hahahahah… Setelah puas keliling nyari oleh-oleh, kami mutusi buat balik ke hostel.

Pas malemnya kami keluar lagi buat makan malem. Karena bosen dengan lauk yang itu-itu aja, jadinya aku sama imel mutusi untuk mesen menu yang beda. Emmm,, lumayan enak la. Hhahaaa… setidaknya ada kuahnya da nada rasanya. Kelar makan malem aku sama mutusi buat nyari oleh-oleh buat ortu kamu berdua. Aku mutusi buat beli baju untuk mama, yang sebenernya mahal. Tapi its okay ini kan oleh-oleh untuk mama. Yah sempet mikir bakalan balik cuman berdua aja dengan imel, krn yanglainnya pada nggak tau kemana. Tapi syukurlah pas diparkiran gitu, ternyata yang lainnya masih nungguin. Wahhh… nggak terlalu cemas buat pulang kemaleman dimalam hari.

Pas dijlan menuju hostel, tepat disekitar taman pinggir sungai kami ngeliat pengamen gitu. Wah luamayan lah buat ngisi kekosongan dimlam hari selama diperjalanan  kehostel. Wah sepeti kmrn langit masih dihiasi dengan bulan yang berbentuk bulat sempurna. Awesome !!!

Malem ini beda kayak kemarn, soalnya kami nggak sempet nongki-nongki lama gitu di luar, soalnya kemrin malemsempet ditegur oleh penjaga hostel.  Kelar dri makan malem kami duduk-duduk bentar  diteras dan langsung tidur. Syukurlah malem ini tidurnya mudah banget dan untunngnya nggak insom. Semoga besok nggak baper lagi ya kayak hari ini !! kalo baper :’) bisa gawat !!!