Friday, June 9, 2017

Kenangan surah al-qadr

Dengan menyebut nama allah yang maha pengasih lagi maha penyayang
1. Sesungguhnya akami telah menurunkannya (al-quran) pada malam qadar.
2. Dan Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan iti lebih baik dari pada seribu bulan.
4. Pada malam itu turun para malaikat dan Roh (jibril) dengan izin tuhannya untuk mengatur semua urusan.
5. Sejahterahla (malam itu) sampai terbit fajar.



Ada yang tau? Kira2 itu arti dari surah apa? Ayoo ada yang bisa tebak? Apa? Alqadr? Yup. Bener. Al-qadr. Surah yang menjelaskan tentang malam seribu bulan.  Malam-malam yang tenang. Alqadr menjadi Salah satu surah favorid dalam al-quran. Surat faforid ini ada cerita yang mengharu biru.

Pertama kali ngapal surah ini pada saat puasa tahun 2015. Jadi ceritanya aku lagi usaha untuk ngapal surah pendek. Suatu hari ketika aku sudah hapal surah ini. Aku coba ngebacanya dalam solat. Pertama kali aku lafal kan surah ini, ketika aku ngimami mama solat. Karena saat itu mama lagi dalam kondisi yg ingatanny mulai kacau.

Sepanjang aku solat berjamah bersama mama, selama itu laah aku pasti menyisipkan surah al-qadr dalam setiap solat ku...  sampai hari2 terahir solat berjmaahpun aku tetap membacakan surah itu.

Dan sampai saat ini pun. Saat tak bisa lagi menyentuh raga mama, aku selalu menyisipkan surah alqadr dalam setiap solat. Bukan. Bukan karena surah itu termaksud surah yg singkat utk dibaca. Tapi dengan begitu aku masih bisa mengenang saat terindah dalam solat. Saat aku bisa membimbing mama untuk beribadah. Saat aku bisa berdiri tegak didepan mama. Saat aku bisa dengan lantang mengucapkan takbir untuknya. Saat aku masih bisa menyalim tangannya yg lembut setiap solat. Dan setiap kali aku membacakan surah itu, aku merasa mama masih berada dishaf belakang ku.

Tidak harus aku menunggu dan dapat malam lailatul qadr untuk merasa tenang. Tapi cukup membacanya saja aku bisa tenang. Tenang dalam setiap rindu. Dan saat aku merasa tenang. Saat itu juga bulir air merosot dari pelupuk mata.

Lafal surah yang selalu aku persembahkan untukmu. Mama. Semoga engkau bahagia disana. Dan semoga aku bisa menjadi anak yg soleh. Agar aku bisa membantumu mencapai jannah allah.

No comments:

Post a Comment