Monday, June 5, 2017

Pertanyaan horor : kerja dimana?

Udah satu bulan resmi jadi pengangguran. Liat beberapa temen udah kerja aja, rasanya minder. Minder sama dosen, takut ditanyaain pertanyaan horor. Minder dengan keluarga. Minder dengan status yang masih mengarapkan subsudi kebutuhan dari uang mama. Minder masih jadi golongan2 sampah masyarakat yang meningkatkan persentase pengangguran diindonesia. Malu sendiri kadang kalo kewarung atau ketemu orang. Yang ditanyai malahan udah kerja dimana skrg?. Skrg mah masih tertolong, karena baru wisuda. Gimana kalo lewat dari target nyari kerjanya.

Kadang suka bingung sendiri. Banyak perusahaan yang buka lowongan kerja. Banyak perusahaan yang bunafid yang bukak lowongan kerja. Tapi nggak sedikit terkendala dengan syarat toefel. Mencari pekerjaam  itu nggak semudah nyari makanan. Banyak kriteria2 yang menjadi  standar untuk masing2. Salah satunya kalo diluar daerah harus ada rumah/kosan dinas. Tempat kerja harus srategis (bisa dijangkau angkutan umum).  Gajinya? Harus diatas umr. Dan yang paling penting harus sesuai dengan minat dan hobby kalo bisa.

Trkadang muncul pertanyaan. Gimana ya nanti aku keterima disebuah perusahaan, tapi perusahaannya itu nggak terlalu besar. Tapi disisi lain aku pengen nyoba kerja di perusahaan yang aku inginkan. Apa yang harus aku pilih? Aku kerja dulj diperushaan itu dalam kurun waktu tertentu, sekaliam nyari pengalaman kerja. Atau memperjuangi kerja diperusahaan yang aku mau. Disisi lain kita harus memperjuangi apa yang kita mau, disisi lain kita harus realistis. Bahwa perusahaan besar itu rata2 menerima orang2 yang udah berpengalaman dan yg terbaik. Toh yang ngelamar cuman aku doang, bukan cuman temen2 disekitar aku, bukan cuman temem sekampus. Apalagi perusahaan gede. Saingannya bukan cuman seindonesia, tapi orang yg diluar negeripun berhak memdapatkan kesempatan yang sama walaupun terbatas.

Ikhtiar aku dalam mencari pekerjaan hanya sampe daftar online dan nunggu panggilan. Aku udah ngelamar kebanyak perusahaan kyk bank indonesia, trans 7, trans tv, sms finance, bank mandiri syariah, bank btn, toko pedia, lazada, honda, bukalapak,wonokoyo grup, jmc it consultant, webtocrat motion. 90% perusahaan yang saat ini aku apply pekerjaanny itu sesuai dengan yang aku mau.

Tapi nggak ada satupun dari perusahaan2 itu yang ngasih keterangan diterima atau ditolak. Paling enggak kasih notif la kalo ditolak.  Biar nggaj ngarep banget.


Ntar setelah masuk 3 bulan baru deh ngider keliling kota palembang, nyari perusahaan yg buka lowongan. Bakalan ngeaplly ke mana aja perusahaan yang membutuhkan pekerja baru.

Uh siap2 aja ni lebaran. Pertanyaan maut bakalan bergentayangan. KERJA DIMANA? siap2 kuping panas sendiri. Siap2 asa mental untuk ngasepi orang2. Semoga aja. Pengangguran ini nggak berangsung lama. Nungguin satu perusahaan yang kepengen banget aku bisa kerja sana. *pusri . Kalo satu ini masih nihil fix dah bakal terimaa2 aja. Bakalan ngider2 kesana kemari bawa map. 

No comments:

Post a Comment