Sunday, June 11, 2017

Teman masa kecil, temen pelarian

Jadi dari kelas 3 sd punya temen deket namanya vinthia (tia) sama ida. Awalny temenan gara2 satu tpa. Kami bertiga itu seumuran. Tapi ida telat sklolah jadi dia beda 1 tinkat dgn aku sama tia. Tia itu orangnya paling cantik dan paling kaya diantara kita bertiga. Ida yg paling kecil diantara kita. Dan aku? Paling tinggi, bongsor, dan berani (ala2 ketua geng).



Hampir setiap hari main bertiga. Awalny aku  diajakin main kerumahnya. Karena si tia nggak boleh main keluar rumah. Aku fikir kenapa nggak, toh kalo balik nggak ada temen main trus rumah tia mash satu komplek jadi nggak masalah la toh kalo pulang nggak jauh2 banget. Rumahny tia itu gede banget. Bagus Rumah 2 tingkat. Banyak mainan. Banyak boneka. Trus dikamarnya ada ac, jadi kalo main tu seru. Kalo lagi capek bisa tidur siang dengan nyaman.

Hari demi hari, aku semakin betah main kerumah tia. Jadi setiap hari itu ada jadwal rutin buat main sama tia. Sering balik malem, karena sangkin asikny main. Sampe2 pernah suatu hari aku pulang sampe jam 7 malem. Awalny mama cuman marah aja. Tapi karena keseringan. Mama sampe nggak mau bukain pintu rumah. Trus aku nangis2 tu diluar rumah, minta dibukain. Pas pintu buka, mulai tu mama brbh kayk singa serem banget, jadi la badan ku sasaran cubitan mama.

Jadwal main awalnya setiap sudah ngaji. Tapi karena udah terlalu nyaman main dengan tia dan ida, jadi Jadwal main pun bertambah. Jadi setiap sudah pulang sekolah, makan, dan ganti baju ngaji aku langsung nyamperin kerumah tia. Parahnya, sangkin semnagatnya aku main kerumah tia. Sebelum tia balik kerumah pun aku udah dikamar tia nungguiny duduk2 nonton tv. Dikamar tia kita main rumah2an. Pakek boneka. Bahkan dikamar tia ada boneka faforid aku kalo main. Boneka beruang, namanya embul. Main bareng. Ngeberantakin kamar setiap hari. Hampir seluruh mainan tia dipake utk main rumah2an. Udah kayak kapal pecah deh kalo kita udah main. Nggak jarang karena semakin asikny kita main sampe kita nggak ngaji. Trus kalo si tia ada guru les pianony dtg. Aku nungguin dikamar dan suka ngeliat si tia main piano.

Udah deket banget deh aku dengan tia sama ida. Tidur siang bareng. Mandi pernah barengan. Kalo kita bosen main yg gitu2 aja, kita sampe main masak2. Ngehias eskrim. Trus naik keasts lamtai 2 rumah tia. Iseng nelp si poncil, telepon pintar. Kalo aku blm kerumahny, si tia langsung telp kerumah utk ngajak main. Bahkan aku sama tia punya cita2 yg sama, sana2 pengen jadi dokter. Walaupun udah sering dimarahin mama gara2 main kerumah orang sampe malem, tapi tetep aku bangor. Ngak dengerin kata mama.

Trus tia pernah main kerumah aku. Krumah sederhana aku. Kalo dibandingi rumah tia mah jauh. Mainan aja seadanya. Tapi si tia ada juga boneka yg dia senengi dirumah aku. Boneka kelinci warna pink. Pernah suatu hari tia diizini main keluar. Kami (aku,tia,ida,pika) main kelapang basket, main campingan2 sambil bawak boneka.

Aku sayang banget sama tia.  Tia teman terbaik. Sahabat ku. Walaupun aku/tia pernah ngambekan tapi nggak lama. Bskny baik lagi. Main lagi. Pernah pas tia ultah, aku kasih hadiah gelang kedia. Karena aku orgny minderan. Jadi aku sempet bohong klo itu beli diwarung. Utk nyenengi hatinya tia. Tapi lama2 tia tau kalo itu beli diwarung si b.

Hal yang paling aku benci saat tia keluar kota. Sedih banget nggak bisa main bareng. Boring nungguin tia balik. Solat terawih pun aku sempeti utk ngejemput tia dirumah.  Ngajak barengan trawih. Semua itu berjalan  sampe kelas 5 sd. Karena kelas 6 sd si tia harus sibuk dengan jadwal les. Mulai saat itu udah nggak pernah main kerumahny lagi.

Smp, sma si tia masuk sekolah yg notabaneny mahal. Kumbang. Aku tipe orang yg minderan. Minder temenan sama tia. Minder deket2 sama tia.

Eyang sama mamany tia udah hapal sama aku. Sering nanya kabar. Sering nanya skrg lagi sibuk apa. Sekolah mana. Sampe aku tau kalo tia skrg kuliah kedokteran pun dari eyang tia. Wahh nambah mati kutu dah gua.

Dan hari ini. Utk pertama kalinya, setelah sekian lama nggak kesini, kerumahnya tia. Terlalu banyak perubahan. Masih ingat jelas memori2 kenangan berdua. Waktu masih bocah. Waktu nungguin tia pulang sekolah.

Tapi aku kerumah tia bukan untuk mengenang masa kecil. Melainkan utk ta'ziah. Yah, papanya tia meninggal pas tgl 10 juni 2017. Sedih. Karena aku pernah mengalami hal yg sama dgn tia. Setelag sekian lama nggak kesini, sekali kesini malah ta'ziah.

Padahal 2 hari yg lalu aku pernah bilang dalam hati yaallah, papa tia hari demi jari makin mirip dengan papa dari belakang.  Nggak terasa air mata ngalir begitu aja.

Dan benar, ternyata mirip seperti papa. Meninggal pada saat bulan puasa, dan meninggal karena serangan jantung. Bedanya si tia bisa liat saat papanya menghembuskan nafas terakhir. Tapi tidak dgn aku.

Semoga papanya tia diterima disisi allah, amal ibadahnya diterima dan tempatkan, diperistirahatan yg terbaik.  Tia yakin la kamu pasti kuat  kamu harus mengikhlaskan ini. Semangat tia. Aku sayang kamu sahbat kecil ku.

No comments:

Post a Comment