Friday, June 2, 2017

Pare - 1 minggu pertama (penyesuaian)

1 Minggu pertama dipare merupakan waktu terpanjang yang pernah terjadi. 1 Minggu yang paling melelahkan yang pernah dilewati. Dan dalam 1 minggu pertama ini, terdapat kejadian yang tak pernah terlupakan.

9 Maret 2017, adalah hari pertama dimulai kegiatan dibrilliant. 9 maret kami melakukan tes. Tes pertama adalah mentranslate sekitar 15 kalimat dengan struktur kalimat yang benar. Well secara menerterjemahkan nggak jadi masalah, masalahnya adalah Grammar. Asal-asalan banget dah ngerjainnya asal ngebacanya nggak janggal tulis aja. Setelah ujian tertulis selesai, langsung dilanjutkan dengan speaking. Satu persatu nama dipanggil dan dites. Terdengar dari sumber suara menyebut “Sarah Solviani” ? wah dipanggil. Gugup? Pasti . Takut ditanya yang diluar kemampuan, apalagi kita harus menjawabnya dalam bahas inggris, takutnya pas didalem malah gagap.

Pas didalam ruangan, yang menjadi penguji ku waktu itu adalah mr.lang (langgeng). Pertama aku disuruh perkenalan diri, ditanya apakah aku punya pacar? Yah aku jawab aja nggak, aku nggak pernah pacaran (dengan polonya). Dengan respon yang sedikit nggak percaya , mr.lang nanya lagi “kok nggak pcaran”. Yah aku jelasi laa “blaa…blaa…”. Kemudian dia nanya, “apakah kamu pernah jatuh cinta”, yah sebagai manusia yang normal yah aku jawab aja “iya”, trus dia tanya lagi “dengan siapa dan kapan itu terjadi”?. Astaga topic pembicaraanya susah banget, kenapa harus bicara cinta kenapa nggak yang lain. Ngerespon pertanyaan tentang cinta itu serba salah. Kalo aku jawabnya rada puitis ntar dibilang drama, tapi kalo aku jujur keliatan banget polosnya, Alhasil kepolosan aku menguasi keadaan saat itu juga dan menjawab semua pertanyaan dengan JUJUR. Terserah deh mr.leng nanggepinya gimana -.-. Test pun selesai, dan hasil akan ditempel dipapan pengumuman besok pagi.

Oh iya disini setiap malam jumat diadain religious meeting. Jadi seluruh member muslim briliant wajib ke hall dan yasinan bareng. Selain religious meeting, ada juga breefing dan pembagian godie bag. Hari ini ada yang menarik perhatian. Terpikat pada kesan pertama. Astaga. Terpikat sama mcnya. Kesan pertama* manis, teduh dan keliatannya pinter. Beruntung nggak terlalu depan, bisa amsyong aku kalo paling depan. Komplit dah, ngezikir, baca yasin ngeliat mamas itu, ademnya double berkali-kali lipat. Kegiatan malam itu berakhir sampai 10 malam. Pembicaraan Breefing malam itu lebih menitik beratkan pada cinta bangsa dan tanah air, pengenalan dan peraturan-peraturan yang ada dibriliant. Karena perut udah keroncongan, jadi kami memutuskan makan dan beli pecel lele.

Beruntungnya, disini semua makanan murah meriah. Tau nggak  nasi bebek goreng cuman 15rb, nasi ayam 13rb dan Nasi lele 8rb. Kalo dipalembang jangan harep bisa makan 15 nasi bebek, yang ada nasi lele disajiin. Baru 2 hari disini udah makmur makannya, semoga bisa hemat yaah hidup disini nggak sampe bangkrut.

Ini ni kebiasaan baru yang harus dibiasain makan bareng mereka. Ketemu mereka 24 jam. Ngeliat setiap tingkah laku dan keanehan mereka. Seru. Semoga kalian betah yaa tinggal 1 bulan dengan saya. Maklumkan segala keanehan aku.

Keesokan paginya (10 maret 2017) pintu kamar digedor dari luar. Siapa? Apalagi ini?. Tarang pas dibuka miss laras. Dan ini adalah jadwal setiap jumat pagi, Jalan sehat. Hari pertama digedor pintu kamar, tebak yg buka siapa? Vicky. Trus ms.laras bilang dalam bhs inggris. Dengan masang muka polos vicky ngedengirinya, akhirny miss laras ngejelasi ulang ke bhs.indo.  hahahahahahha kejadian lucu dipagi hari.

Setelah kami siap. Kami pun rame2 jalan ke briliant. Pagi di pare dingin banget, jadi aroma2 kasur masih menghantui. Rada ngantuk.

Okeeh kita disuruh baris. Cewek sebelah kiri dan cowok sebelah kanan. Kira2 bakalan ngapain yaa disuruh baris sebelahan gini. Ternytaa. Kita disuruh ngobrol dengan temen disebelah. Omg. Setelah diperhatiin, ini... inii mamas yg sebelah aku ternyata kk yg jadi mc pas religius meeting. Yaa allah kok gini. Ntah laah harus seneng atau shock atau takut. Rileks...rileeks... jangan tunjuki muka cemas. Terdengar suar yang memecahkan lamunan. Mamas yang disebelah mulai ngajakin ngobrol bhs.inggris. ya ampun aku ngomongnya masih terbatah2 banget masib gagap. Gagapny double lagi. Cobaan apa lagi ini.

Sepanjang jalan kenangan. Mamas yang dibelah asik diajak ngobrol. Namanya itu C▪B▪A asalnya solo. Dia anak kelas periode 25 level intermediate. Alesan dia gabung dibriliant adalah karena pengen melatih bahasa inggris utk bekerja diperusahaan tertenty. Ternyata dia punya hobby dengan aku. Yaitu travell tapi travelny itu lebih ke mendaki. Udah banyak gunung yang udah dia takluki. Masyaallah keren banget. Apalagi ada hal yang dinggeti kenapa kita kesini, karena belajar jadi sebanyak2nya kita harus menggali ilmu disini. Aku kebanting banget dengan mamas ini, soalny dia lancar banget ngomong inggris. Jadi rada minder sendiri.

Pada saat itu waktu berlalu gitu aja, terasa cepet. Yang aku seneng dari mamas ini. Dia itu kalo ngomong natap lawan pembicara. Seneng sekali bisa kenal orang yang super ini. Setelah sampai garis finish, aku langsung ke papan pengumuman liat masuk kelas mana dan jadwal belajar. Alhamdullilah masuk kelas indonesia dengan level intermediate.

Setelah selesai jogging sehat langsung deh siap2 untuk masuk kelas. Satu lagi ni aktivitas wajib disini. Pagi2 sebelum memulai kelas kita berdoa dan berdiri nyanyiin lagu indonesia rasa. Wah nasionalis sekali. I like it. Kelaas hari pertama terasa laamaa sekali. Dari jam 8 pagi sampe jam setngah 12, kemudian lanjut lagi jam 4. (Tunggu entri selanjutny, aku bakalan cerita khusus tentang indonesia class)

Semenjak jalan pagi itu setiap kali ketemu aku malu2 gitu, tapi sayang dia nggak negur. Balas senyum nggak. Jangan2 ngeliat aku aja nggak? Ya udah laa..

Tibalah hari bersejarah yang dimaksud. 11 maret 2017.

Pas keesokan paginya kami bertiga (aku,vicky,imel) telat bangun. Kemudian terdengar dari luar terdengar suara ketukan. Pasti miss laras. Kemudian si vicky lagi2 yg bukain. Sambil ngomong dalam bhs. Inggris. Si vicky pun nggak ngeh kalo miss laras myuruh matiin lampu. Polosnya dirimu. :D

Karena sebagai pendatang baru kami pun berencana untuk bareng2 sepedahan ngunjungi tempat wisata candi surowono. Ya udah laa ikut aja, dari pada mati kutu dikamar aja. Jarakny jauh bener. Yang ikutan rame banget kayak mau turing. Mungkin 20 org lebih.  Rata2 yang gowes sore ini anak pendatang baru. Jadi sempet ngandali waze dan nanya2 kependuduk sekitar. Jarakny jangan ditanya. Jauhhhh... jauhhh banget. Sampe berenti 2 kali untuk minum. Sangkin capekny. Setelah sampe dicandi. Rasanya lega banget. Sampe gemetaran kaki pas turus dari sepeda.

Pas awal masuk udah nggak enak2 gitu perasaan. Semoga nggak kenapa2 ya. Kejadian pertama kaki dita kepeletot, tersandung dibatu. Okay. Its okaay. Everything will be fine sar.
Okay semua orang naik ke tumpukan baru yg membentuk anak tangga. Curam pisan naiknya. Harus ekstra hati2 untuk naik. Alhdullilah sampe diatas. Pas diatas kami asik-asik foto selfie bareng.

Semua anak cowok yang lainnya udah pada turun. Well tinggal yg cewek yang belum turun. Trus anak2 yang dibawah ngajakin  pindah ketempat yang lain. Pas mau turun. Udah deh dalam hati deg-deg serem liat kebawah. Curam banget jadi aku pegangan dengan wiwid. Pas tangga ke dua maksd hari mau ngajakim vicky pegangan  nggak taunya. Plak-pluk-plak-pluk. Dum. Terjun bebas. Secara tiba2 semua terjadi. Cepet banget. Aku jatuh dari anak tangga 2 dari yg paling atas (ketinggian sekitar 3 m). Pas jatuh tu udah ngucap istigfar, terus berfikir udah nii mati ujungnya, trus pas mau nyebut kalimat syahadat ehg udah mendarat. Pas mendarat tu nggak berani buka mata, yang aku denger cuman suara orang2 teriak panik ke arah aku.   Pertanyaan pertama yang terfikir : "masih hidup?" . Perlahan aku buka mata. Allhamdullilah aku masih ngeliat semuanya, aku masih bisa nyentuh tanah. Semuaa orang panik. Ngeyakini aku bener2 sadar apa nggak, ngeyakini kalo nggak ada luka, ngeyakinibaku nggak patah tulang dan ngeyakini kalo aku ngggak Amesia. Syukur alhamdullilah, semua begitu aja terjadi, nggak terjadi hal yang nggak diinginkan. Untung aja alllah masih bersedia ngelindungi aku dari kemungkinan2 yg  mengerikan.

Cuman rada remuk aja. Badan. Terasa si sakit kebentur2 batu. Tapi syukur laa nggak terjadi hal yang mengerikan. Maafkan aku guys (ari,vicky,imel,wiwid,dita) lagi2 aku ngebuat kalian panik. Kalo terjadi apa2 kalian pasti ni yg kena. Terus rada membaik kemudian aku berdiri dan langsung bersih2 debu pasir yang nempel dipakaian. And then sambil ngeyakini aku kalo penglihatan dan daya ingat aku masih baik ari sambil nanya2 pertanyaan. Hahahhahaha.. it's okay guys, im still life. I still can stand. I still remember all of you. Maaf atas kecerobohan aku (lagi).

Well badan masih keras remuknya. Tapi mau nggak mau harus ngelanjuti perjalanan. Nggak boleh nyusahin orang.


Perjalanan dilanjutkan ke kolam berenang surawono. Euyy kerasa banget remuknya badan. Pas mulai menggayuh mulai deh nyeri2. Nyeri punggung,tangan,dada dan luka. Sempet berenti sebentat buat ngelap darah yang keluar. Setelah sampe tenpat tujuan. Disaat yang lain seneng2 foto, berenang. Aku mutusi untuk rebahan.

Sakitnya mulai kerasa. Walaupun mencoba untuk kuat, tetep aja rasa remuknya badan nggak bisa ngalahin energi positif yang dibagung. Mungkin dengan rebahan, badan agak mendingan. Toh yang lain juga lagi seneng2, nggak akan ada yang ngeliat juga rintihan sakitnya, sekalipun kamu jerit.

Setelah semua selesai berenang. Aku kembali untuk mencoba baik-baik aja. Nggak boleh ngebuat orang khawatir lagi. Baru juga kenal dengan mereka udah ngerepoti. Kami pun mutusi pulang. Untuk mendengar kata pulang itu mengerikan, dengan kondisi seperti ini. Mana lagi perjalanan jauh, harus mengayuh lagi. Dalam hati berkata : berikan aku kekuatan untuk bisa sampai ke camp dengan selamat ya rob.

Diperjalanan pulang tentu aja aku sering berenti untuk menghirup oksigen utk sisa2 tenaga yang masih ada. Setelah melihat tanda2 mendekati camp. Aku langsung mempercepat gayuhan sepeda. Didepan pintu kamar langsung buru2 rebahan di kasur. Jelas aja temen2 yang lain panik. Gimana sarah apa yang sakit.? Periksa kedokter yok sekrang, takutny ada yg retak?. Singkat jawaban. Nggak apa kok. Cuman butuh istirahat doangm ntar juga mendingan.

Yak yang dibutuhkan hanyalah istirahat. Sambil meyakini diri kalo bakalan baik2 aja. Bukanny obat yang paling manjur adalah energi positif?








Pas besok2nya mulai kerasa sakitny. Apalagi pas batuk. Sesek banget rasanya. Disaat butuh tukang pijet cewek, malah nggak ada. Ya udah la tahanin aja. Siapa tau juga membaik. Selama seminggu sakit itu bener2 udah nggak dirasain lagi. Selama seminggu pertama disini, tersiksa sama dada yang sesek.

Dan ini seminggu yang berat. waktu terasa lama banget berjalan. Rasanya mau meledak ni kepala. Ngapali vocab yang setiap hari semakin bertambah? Siap2 materi untuk di submit. Nahan sakit remuknya badan karena terjun bebas.  Sampe2 si imel,vicky,dita,wiwid kaykny rada stress deh pengen cepet2 pulang.



11 maret 2017 adalah hari yang nggak pernah terlupakan. Hari dimana cinta dan kasih sayang allah terhadap umatnya sungguh luar biasa. Allah senang tiasa melindungi umatnya, termaksd aku. Hamba-Nya yang terkadang lalau dengan perintahnya dan masih suka bersenang2 dalam kubangan lumpur dosa.

No comments:

Post a Comment