Wednesday, June 7, 2017

Pare – Kebahagiaan tanpa batas di Camp 9 .

Selama betapa dipare, camp 9 menjadi rumah yang sempurna untuk dihuni. Hayalan hunian yang ditempati adalah seperti homestay. Kamarnya bersih ada lemarinya, Ada dapurnya dan beserta peralatan masak, dan toiletnya masih didalam rumah. Tapi realitanya camp 9 ini lebih mirip bedeng (kontrakan), Kamarnya terbagi jadi 2 sisi,  kamar mandi rada jauh dari kamar (jadi kalo mau ketoilet harus keluar ruang nyebrang kekamar didepan), kotak sampah terbatas, sapu cuman ada 2 dan parahnya nggak ada dapur. Padahal udah prepare tu teh, kopi, bubuk ager, dan sereal oat. Berharap ada dapur, berharap bisa masak berharap BISA HEMAT. Jangankan hemat untuk minum sehari-haripun mesti beli. Kalo mau air panas ataupun mie, kita harus jalan dan beli di warung didepan camp.

Dan g hanya itu, ada hal lain yang bikin ngecewaiin. Aku dapet kamar yang kasurnya nggak dipasang bed cover dan juga  nggak ada keset kaki, alhasil setiap masuk kamar pasir yang keinjek juga ikutan masuk. Jadi bersihnya kamar cuman bertahan 2-5jam, kalo lewat dari situ udah dipastiin bakalan kotor lagi. Naruli jadi anak kos (lebih tepatnya, anak rantauan) emang kerasa banget deh disini. Setiap kali mau nyuci itu harus ngantri, karena jumlah ember yang ada disini terbatas banget. Jadi setiap kali ada ember kosong, udah deh buruan ambil baju kotor dan isi langsung dengan air. Karena itu juga tingkat kreatifitas anak rantau tercipta. Disinikan nggak ada dapur, jadi setiap kita beli air dengan ukuran galon kecil (15L). Trus kalo airnya udah abis galonnya dipotong bagian atasnya, tarang-tarang jadi benda multifungsi. Selain bisa jadi wadah pakaian kotor, kotak sampah, juga bisa jadi ember utk nyuci. Trus pagi-pagi kita ngantri dan rebutan kamar mandi/toilet. Ada lagi ni, tembok(gayung) disini juga minim. Syedih sekali tidak sesuai ekspetasi.

Tapi dibalik semua kekurangan yang ada dicamp 9, tetap kebahagian dan kegilaan disini nggak bisa terelakkan. Tutor camp 9 adalah miss laras. Disini dia menjadi leader dan yang ngatur segala sesuatu tentang camp. Disini aku sekamar dengan vicky dan imel, awalnya kami pengen ber-5 tapi miss laras bilang kalo 1 kamar maksimal 4 orang. Alhasil si dita sama wiwid pindah keruang kamar disebrang.
Setiap setengah 5 subuh alarm hidup berjalan( Yang jadi alarm berjalan udah pasti miss. Laras). Satu persatu setiap pintu kamar diketok, sampe pintu kamar dibuka oleh satu orang yang ada dikamar. 

Udah jadi suatu kewajiban tutor utk ngebangunin kita, karena udah solat subuh kita harus ngumpul di hall campt untuk submit ke tutor (submit : setiap member harus nyetor 2 point dari buku saku briliant dimana yang kita hrus membahas /menceritakan setiap point yang dipilih sesuai dengan level class  ). Selama 1 minggu pertama merupakan minggu-minggu yang sulit. Sulinya bukan soal bangun subuh-subuh. Tapi kesulitannya, subuh-subuh kita harus mikir keras tentang 2 point yang bakalan disubmit itu apa, trus gimana kita ngejelasinnya itu dalam bahasa inggris. Submitnya itu nggak hanya abis shubuh, tapi abis magrib juga harus submit. Udah doble-double nih prnya, selain mikiri pr dari tutor yang ngajar dibriliant, tapi kita juga harus prepare materi untuk submit.  Jadi kebayangkan gimana stresnya. Harus mikirin grammar, hapali vocab, siap-siap materi kelas speaking, dan belajar pronoun, alhasil materi submitpun seadanaya (onthespot, tanpa persiapan).

Member-member disini ada palembangness (aku,imel,vicky,dita,wiwid), mba e (mba gabby), dd devi, mba tia, teteh irma, denis, putri, nabila, hardian, oris, vina, indah, el, desya, ella, ulan, ica, uus, devi, tata dan tria. Kami berasal dari daerah-daerah yang berbeda tapi kami bisa jadi satu disini udah kyk keluarga disini.

Setiap pagi disini ada bapak-bapak pake motor yang setia datang ke camp. Ngejual sarapan. Ciri khas bapak ini dateng pasti teriak Yellow rice (Nasi kuning). Yellow rice dijual murah banget. 1 porsi harganya 5000. Nggak cuman yellow rice tapi ada nasi uduk.

Setelah masuk minggu ke2 ada dipare, ternyata miss laras dateng kekamar dan ngomong. Ngomong kalo untuk next yang bakal jadi tutor pembantu adalah aku sama mba irma ngegantiin si el sama vina. Disitu aku shock banget. Gimana nggak, kemampuan aku ngomong bahasa inggris itu belum lancar banget, ngomong se enaknya aja, grammar masih berantakan. Bener-bener nggak siap buat nerima amanah itu. Trus miss laras bilangi gini untuk meyakini aku, justru kamu belajarnya double belajar mendengar,belajar ngoreksi , nginget2 vocab dan belajar ngerti apa yang diomongin orang. Kalo difikir-fikir bener juga, yaudah la itung2 bantu miss laras supaya cepet subminya dan jadi tantangan baru.

Jadi tutor pembantu itu nggak mudah. Nggak sekedar nanda tangani buku udah beres, tapi kita harus berlajar jadi pendengar yang baik. untungnya yang submit dengan aku itu temen2 deket kayak si imel,vicky,dita,wiwid,uus,tata,devi, dd devi. Jadi kalo mereka ada yang salah atau ada miss vocab tertentu enak ngingetinnya. Jadi tutor pembantu itu harus dateng lebih awal, harus jeli dengerin dan yang pastinya bakalan jadi orang terakhir yang bertahan dihall. Tapi enaknya, kita bisa belajar vocab-vocab yang sederhana yang sering kita lupa, Sekalian inget-inget lah.  Dan nggak jarang, dapet vocab-vocab baru.

Disela jeda belajar dibriliant, udah selesai, atau lagi libur aku,imel,wiwied,vicky kami menghabiskan waktu dengan bermain uno. Jadi setiap kali ada yang kalah, mukanya bakalan dicoret dengan bedak.  Hahaha coret sana-coret sini. Setap kali makan malem kami bareng-bareng keluar sepedahan, rame-rame konfoi berburu tempat makan enak dipare.  Bahkan pernah suatu hari kami (aku, imel, wiwid, dita, vicky, mba gebby, dd devi) pergi makan bareng diluar yang jauh dari camp. Trus setelah kami makan kami iseng-iseng jalan-jalan bareng ke alun-alun pare. Setelah sampe ditempat, ternyata mengecewakan. Hanya taman yang minim penerangan, jadi males kami kesana. Padahal udah jauh-jauh kesana, malem-malem, ngebut-ngebut kayak orang gila. So karena dipinggir jalan banyak jajanan, jadi kami cuman mutusi untuk jajan-jajan. Rintik hujan pun perlahan menjadi buliran air yang deras. Alam pun seperti berbahasa, berbahasa agar kami bisa menikmati malam bersama untuk lebih lama. Untuk lebih lama bersanda gurau. Masih jelas dalam ingatan, Kita Hanya duduk berteduh dibawah tenda-tenda yang ditemani sepotong martabak + es pelangi. Sederhana  memang, tapi Terlalu indah untuk dilewati setiap detinya, Dimalam itu., janji dan angan-angan bersama kita lukiskan dan berharap hujan dapat mendengar dan mengaamiinkan itu semua.

Oh iya, Setiap kali pintu kamar dikunci dan lagi bete (sama si imel/vicky)  tempat pelarian aku yah kemarnya dd devi atau kekamarnya mba irma. Dikamarnya mba irma, bisa ngobrol-ngobrol dan main uno bareng putri, mba irma dan mba laras.

Banyak moment yang dilewati bareng2 anak camp 9. Disaat minggu pagi, kami member camp 9 bareng-bareng dateng ke cfd pare. Sarapan bareng, sepedahan bareng, jalan-jalan bareng, dan jajan bareng, suka cita bersama. Trus kami ngadain acara makan2, bakar-bakar ayam. Semua dilakuin bersama, mulai dari nyari ranting2, ngidupi api, ngipas-ngipas panggangan, ngebakar ayam. Ada kejadian ni pas acara bakar-bakar, hp nya si putri yang aku pegang sempet jatoh ketempat panggangan gara-gara kesenggol oleh mba tia. alhasil anti goresnya putri beret. Maafkan kami yah put. Setelah semua ayam udah dipanggang. Kami semua pindah ke hall. Memberntuk formasi berjejer dan makan dengan beralaskan daun pisang. It's look so traditional.Walaupun sederhana makannya tapi kalo bareng2 kayak gini nikmatnya berkali-kali lipat.

Disaat miss laras Ulang tahun kami pun merencanakan aksi iseng. Kami semuanya bangun tepat tengah malam, pergantian hari ulang tahun miss larass. Kami menyiapkan ember, air, gayung, tepung dan telur untuk disiram ke miss laras. Semua peralatan udah disembunyikan. Kami pun bareng-bareng masuk dan nyanyi lagu selamat ulang tahun. Okeh kue udah ditiup dan potong, aksi kejahila siap dilakukan. Biurrr... Biur.. Plak-plok. Serangan ke miss laras telah di luncurkan. karena nggak terima dengan kejahilan kami. Miss laras pun berlarian, mengejar kami semua yang ngerjain. Sontak, kami lari kekamar dan teriak-teriak, takut kalo sampe kena peluk miss laras. Karena nggak ada yang mau keluar, akhirnya miss laras nyerah dan langsung bersih-bersih. Kasian Ngeliat miss laras, kedinginan malem-malem.

Ternyata mba laras berbaik hati untuk ngajakin makan-makan dihall bareng2 trus brg orang tua mba laras. Ngumpul bareng, cerita bareng, makan-makan bareng, dan ketawa bareng. Ngeliat kehangatan dan kebersamaan keluarga mba laras  membuat aku iri dan kangen papa. Andai Aku bisa ngerasain dan mendapat ketesempatan yang sama sperti yang mba laras rasain. Ayah & Ibunya mba Laras itu Baik sekali, udah menganggap kami semua seperti keluarga sendiri. tanpa Terasa bulir air mata mengalir, Kebahagian Yang Paket KOMPLIT.

Ada lagi moment yang nggak akan terlupakan. Moment disaat saur puasa senin kamis. Kita saling berbagi makanan, makan bersama, dengan lauk seadanya. Walaupun nasi yang dimakan mendingin, tapi entah mengapa tetap terasa enak dimakan.

It's to sweet to forget it.

Selain sweet moment, Ada juga kejadian yang menggeparkan seisi camp. Kejadian pertama ada anak kecil (asli tinggal dipare) yang datang ke camp, trus kesurupan. Ntah, nggak tau gimana kejadiannya gimana. Horor banget anak itu. Ada lagi ini kejadian yang kedua, si amin nyebari isu nggak bener. Nyebari isu kalo camp nggak aman, ada orang yang menyeludupi barang. Polisi skrg lagi ngegerbek dan menggeledah. Jadi si amin bilang, setiap orang harus ngecek barang-barang, takut ntar ada barang2 yang nggak bener yang ditemuin polisi. dan harus ngunci pintu kalo mau kemana-mana. Semua dengan polosnya percaya, sampe ketakutan. Hahahaha main-mainnya kelwatan

Dan Dari setiap kejadian yang menggemparkan yang terjadi, aku nggak pernah ada dicamp. Selalu jadi orang yang terakhiran tau, tentang berita  Yang HEBOH.






Aku kangen, kangen semua rutinitas yang dilakuin disana.
Aku kangen maen uno dengan kalian,
kangen pintu kamar diketokin,
kangen yellow rice,
kangen ketan susu,
Kangen makan donat bareng-bareng,
kangen sarapan bareng,
kangen teriakan SUBMIT,
kangen saat kita mesti rebutan ke kamar mandi,
kangen submit bareng,
kangen nyanyi lagu happy birthday bareng2,
kangen ngelakuin hal gila sama kalian,
kangen ngisengi kalian,
kangen ketawa bareng kalian,
terkadang kangen dibully kalian,
kangen saat kita makan bareng-bareng dihall,
kangen saat teriak-teriak nyanyi dikamar,
kangen sepedahan bareng,
kangen makan saur bareng,
dan aku kangen MAKAN SOTO LAMONGAN.

Berkat kalian aku berani melampaui batas kepercayaan diri, aku jadi suka pepaya, aku jadi suka makan pete, aku jadi sadar tentang kesehatan, dan aku ngerasain lagi bagaimana kehangatan dilindungi dan melindungi. Untuk miss laras, terimakasih sudah menginspirasi. Menginspirasi untuk menjadi sosok yang rama, berani, berani untuk berkata benar, kritis, pintar, tulus dan apa adanya. 

Aku benci disaat aku benar benar nyaman dan sudah merasa memiliki kalian, kita harus berpisah. Kebersamaan 1 bulan itu akan berakhir. Aku benci mengahiri ini. Aku benci harus ada air mata dan perpisahan, Aku benci mengatakan kalimat  dan  memberi pelukan perpisahan.Aku benci. Benci.

Pertemuan dan kebersamaan kita selama 1 bulan ini bukan lah sebuah kejadian yang kebetulan. Pasti ada sebab,akibat mengapa kita dipertemukan. Sedih rasanya hanya bisa diberikan kesempatan hanya 1 bulan bertemu dengan kalian. Sedih karena kita berpisah disaat perasaan nyaman dan saling memiliki itu mulai menuai. 1 bulan itu terlalu singkat. 

Terimakasih menjadi penghilang kesepian ku. terimkasih sudah menjadi bagian berarti dalam hidup ku. Terimakasih telah menjadi rumah. Rumah yang saling menjaga satu sama lain. Terimkasih sudah menerima untuk satu bulan ini. Terkhusus aku ucapkan untuk kalian Keluarga Baru Ku Camp 9 “Aku sayang kalian”. Terimakasih Atas serpihan kebahagian yang tercipta selama 1 bulan ini.






No comments:

Post a Comment