Tuesday, June 12, 2012

CITA-CITA YANG TERTUNDA.


CITA-CITA YANG TERTUNDA.
            Sama sperti kebanyakan orang pada umumnya. Aku pasti punya cita-cita. Seperti kata orang, gantung lah cita-cita setinggi langit. Dulu saat aku masih TK pertama kali profesi yang spesial dalam hidup aku yaitu astronot. Soalnya kalo aku jadi astronot aku pasti keluar angkasa, ngeliat bulan dan bintang yang indah. Apalagi yang aku tau waktu kecil kalo ada planet lain yang ada di luar angkasa. Malahan ada planet yang lebih indah dibanding bumi. Tentu aja aku makin tersemangat pengen jadi astronot dan keluar angkasa. Dan dulu cita-cita aku kecil waktu kecil adalaha pengen jadi penyanyi. Soalnya aku sering dibilang ibu aku, kalo jadi artis,penyanyi atau sejenisnya mudah banget jadi orang kaya. Emang pada waktu itu ekonomi keluarga aku emang tipis banget. Tempat tinggal aja masih numpang sama nenek. Malahan rumah yang kami tumpangi itu gak lebih dari rumah kayu panggung yang udah lama. Dan parahnya bukan keluarga ku aj yang tinggal disana tapi keluarga om ku juga tinggal disana (sekarang masih tinggal disna). Apa lgi waktu kecil aku yang sering bolak balik masuk rumah dan menambah biaya hidup orang tuaku. Tapi walaupun biaya nya cukup ringan(karena saat itu keluarga untuk orang pertamina, biaya bisa dibantu oleh pihak pertamina) tetep aja aku gak bisa ngeliat orang tua aku susah nyari uang tambahan buat biaya aku, malahan sampe ngutang sama tetangga. Itu lah sebabnya saat aku kecil aku pengen banget nyari uang yang banyak buat ngebahagian orang tua aku. Aku juga sedih ngeliat kakak aku suka minder. Soalnya dari kecil sampe dia mau duduk dibangku SMA, kami masih numpang dirumah kakek. Apa lagi sering ada cekcok antara mama aku sama tante gara-gara tante gak ngasih aku makan trus kk suka dimarahin.
            Ketika aku menginjak dibangku kelas tiga SD dan kk ku mau masuk SMA. Orang tua ku mendapat rejeki. Papa dingkat jadi camat. Pada saat papa memimpin daerah yang papa pimpin jadi maju. Dan sebgai wujud terima kasih warga terhadap papa. Warga membangun sebuah rumah yang menurut aku besar.  Aku seneng banget, karena rumah aku udah bagus dan besarrrrr banget. Ada halaman yang luas, trus ada kolam ikan. Malahan sangkin senengnya aku sama rumah ku (yang masih aku diami) kolam ikan aku jadiin kolam renang buat aku yang saat itu seneng banget main air. Diantara keluarga ku yang lain hanya papa dan mama yang punya rumah segedek ini. Wih bangga banget. Malahan ni ya. Bisa dibilang setiap hari aku makan udang. Udang dan kepiting bukan lah makanan yang mahal bagi kami saat itu. Ya tentu aja dari warga daerah yang ppa pimpin. Aku bangga dengan papa ku saat itu karena papa aku hebet bisa ngebuat daerah itu jadi maju dan bisa menjadikan daerah itu sebagai daerah yang menghasilkan udang terbanyak. Daerah yang papa pimpin yaitu tulung selapan. Waktu papa aku jaya aku ikut bersama dia menetap disana. Sementara kakakku tinggal di palembang dirumah baru bersma kakek dan nenek orang tua mamaku. Sevbenernya aku iri dengan kakak ku karena aku gak bisa tinggal lama dirumahku, karena aku harus balik lagi ketempat ppa ku kerja. Dan tentunya aku punya temen akrab. (yang sekarang waktu aku SMA dipertemukan kembali).
            Karena masa jabatan papa udah habis, papa pindah ke daerah OKI tanjung lubuk tetep sebagai camat. Sama sperti sebelumnya papa juga berhasil memimpin dareh itu. Dsn rasa bangga terhadap papa semakin besar. Disna aku bersekolah di SD 1 tanjung lubuk. Wihh aku seneng banget belajar. Sampe lampu mati pun aku tetep belajar meskipun penerangan yang ada hanya lilin. Aku sering banget dapat ranking. Bahkan ranking waktu cawu akhir kelas 2 yang awalnya ranking 1 terus sampe nangis seharian dan semaleman gara-gara rangking aku nurun jadi rangking 2. Dari kelas satu sampe kelas tiga temen deket aku nyimas riska menjadi saingan aku. Pada saat itu dari kelas satu dan sampe kelas 2 cawuke-2 aku jadi winnernya, tapi pas cawu ke 3 kelas 2 dia berhasi ngalahin aku sampe kelas 3.  Kemudian pas saat yang ngebuat aku sangat sedih adalh papa rumah sakit gara-gara stroke. Aku sedih banget. Dan tiada hari tanpa nangis. Aku nangis sambil meluk boneka anjingku. Seorang yang aku sayangi masuk rumah sakit.
            Semenjak papa masuk rumah sakit dan sembuh. Papa sering banget marah. Bukan marah yang biasa tapi marah yang meledak-ledak sampe  suara papa sampe kedengaran dari luar. Dan gak segan papa main tangan. Semenjak saat itu aku mulai ngebenci sifat papa. Semenjak saat itu kepamoran papa menurun dan papa dimutasi jadi satf pertenakan. Papa jadi sosok menyeramkan dalam hidupku. Bahkan aku sampe aku sering gak peduli  apa yang papa ku bilang. Sangkin keselnya aku sama papa bahkan sampe saat ini. Sampe aku beranjak remaja aku bercita-cita jadi seorang dokter awalnya si pengen jadi dokter penyakit dalam. Tapi karena papa yang semakin nyebelin. Aku pengen jadi dokter jiwa. Pengen nyembuhin penyakit jiwa yang papa alami. Sebenernya aku adlah orang yang paling aneh nilai orang tua ku kayak gitu.
            Tapi cita-cita ku sepertinya tinggalah cita-cita soalnya, maslah ekonomi. Ya mungkin saat ini aku gak tau pingin jadi apa. Tapi sekarang aku tertarik banget yang namanya drum.  Mungkin aku jadi drummer atau mungkin jadi chef handal. Soalnya aku seneng banget namanya masak.
            Gara-gara perekonomian jugalah cita-cita jauh dari angan-angan. Aku bingung kenapa jadi dokter itu butuh biaya besar. Padahalkan mereka mulia pingin bantu orang. Yang pasti kalo cita-citanya dokter, berarti dia adalah tipe orang yang baik. Soalnya dia pengen bantu nyembuhin penyakit orang dan pengen membahagiain orang disekitar.
            Bener gak ???

No comments:

Post a Comment