Saturday, June 30, 2012

sejarah-Asal Usul perkembangan Manusia diIndonesia


Asal Usul perkembangan Manusia diIndonesia

A.    Asal usul dan persebaran manusia purba di Indonesia
1.    Hawa Mitokondoria dan Adam kromosom Y asal Mula manusia modern
Penelusuran asal usul manusia mulai mendapatkan langkah maju, setelah penerapan teknologi genetika dgn menggunakan DNA mitokondoria (mtDNA) untuk mencari tahu hubungan kekerabatan antarpopulasi.
Setiap tetes darah manusia berisi buku sejarah yang tertulis dalam bahasa genetic. Kode-kode genetika manusia atau genom, adalah 99,9 % identik diseluruh dunia. Selebihnya ialah DNA warna mata, risiko penyakit & beberapa DNA yang tidak begitu jelas  fungsinya.
Berdasarkan penelitian mtDNA dari berbagai populasi, para ilmuan menyimpulkan bahwa manusia modern sekarang ini semua merupakan satu keturunan dari satu nenek moyang (“Hawa” mitokondoria) yang segera bergabung dengan “Adam kromosom Y”. semua umat manusia terkait dengan hawa mitokondoria melalui rantai para ibu yang tak terpatahkan.
Untuk mempelajari persebaran manusia  purba, penelitian mtDNA ini menggunakan sumber genetic yang dapat bertahan dalam waktu yang lam yaitu “tulang benulang”. Kesimpulan itu membuka cakrawala beru yaitu manusia modern bukanlah keturunan dari manusia purba semacam homo sapiens  yg hidup 5.000 Thn yg lalu bahkanspesies homo habilis, ho mo ergaster, dan homo erectus.
2.    Polimorfisme
Yaitu sifat keragaman sel yg disebaabkan olh adanya sejumlah mutasi yg terjadi secara alamiah&tdk membawa akibat buruk yg memunculkan variasi-variasi individu yg khas.
3.    Daerah asal manusia
Tahun 19801n Allan Wilson dan rekan-rekan di Univercity of California, Barkeley, menggunakan mtDNA dari wanita-wanita seluruh dunia dan menemukan bahwa wanita-wanita keturunan Afrika menunjukkan keanekaragaman 2 kali lbh banyak dibandingkan wanita lain.
Sekitar tahun 50.000 hingga 70.000 tahun silam, satu geelombang kecil manusia yang mungkin hanya berjumlah 1000 orang dari afrika menuju pantai-pantai asia bagian barat. Ada 2 jalur tersedia yaitu yg pertama mengarah kelembah Sungai Nil, melintasi semanjung Sinai lalu keutara lewat Levant namun jalur yang satunya juga mengundang utk dijelajahi yaitu melalui melintasi laut merah. Pada saat itu (70.000 tahun yg lalu) bumi memasuki zaman Es terakhir dan permukaan air laut menjadi lebih rendah karena air tertahan dalam geiser.
Setelah berada di Asia, bukti bukti genetis memperkirakan populasi terpecah. Satu kelompok  tinggal sementara di Timur Tengah, sementara kelompok yang lain menyusuri pantai sekitar semanjung arab, india dan wilayah asia yang lebih maju.

B.    Asal usul dan Persebaran manusia Purba di Indonesia
1.    Penyebaran manusia dan Austronesia
Bahasa di Asia tengah berasal dari keluargasino-Tibet yang melahirkan cina, siam, Tibet, miao, YIU dan Burma. Penyebaran keselatan melahirkan keluarga bahasa Dravida, yaitu telugu dan Tamil. Adapun penyebrangan keasia timur dan Tenggara melahirkan keluarga bahasa Austronesia yang menurunkan 4 kelompok besar yaitu : bahasa melayu (Indonesia), Melanesia, Mikronesia, dan polinesia.
Prof.Dr.H.Kern 1889 melakukan penelitian mengenai penyebaran manusia yang didasarkan pada perbandingan bahasa-bahasa yang serumpun, yaitu bahasa Austronesia (melayu Polynesia). Penyebaran rumpun bahsa ini ternyata sangat luas yaitu di barat sampai Madagaskar, ketimur sampai di pulau Paskah, ke utara sampai ke Formasa, sedangkan keselatan sampai ke selandia baru.
2.    Pentebaran pendukung kebudayaan kapak persegi
Daerah persebaran kapak persegi dsn kapak lonjong dari zaman Neolithikum di Nusantara sesuai dengan daerah persebaran bahasa-bahasa di Indonesia bagian barat dan bahsa-bahasa di Indonesia bagian timur. Kedua jenis kebudayaan tersebut berasal dari Asia Daratan. Akan tetapi, jalan persebarannya berbeda. Begitu pula manusia pendukung dan pembawanya.
Menurut Von Heine Geldern, persebaran kebudayaan kapak persegi berasal dari daerah yunan di cina selatan yaitu didaerah hulu sungai-sungai besar di Asia Tenggara, seperti Brahmanaputra, sungai Irawady, sungai Salween, sungai Yang Tse Kiang, sungai Mekong dan sungai menam melaui lembah-lembah itu kebudayaan dan manusia pendukungnya menyebar menuju ke hilir hingga asia tenggara bagian utara.
3.    Penyebarang perahu bercadik
Keberadaan Hornell di luar Indonesia karena pengaruh atau pambawaan dari bangsa Indonesia. Di india selatan ada beberapa suku yang menganut corak kebudayaan  dan fisiknya banyak menyeruoai orang Indonesia. Diantaranya suku bangsa parawar dan shanar.
4.    Gelombang kedatangan penduduk dari asia daratan kewilayah nusantara
Berdarkan fosil-fosil yang telah ditemukan diwilayah Indonesia dapat diketahui bahwa sejak 2.000.000 yang lalu wilayah ini telah dihuni, penghuninya adalh meganthoropus paleojavanicuss, pithecanthropus Erectus, pithecanthropus soloensis, dan homo wajahkensis.
Oleh sebab itu penduk asli Indonesia adalah kaum Negroid atau melanesoid atau australoid, yang berkulit hitam. Manusia Indonesia purba membawa kebudayaan batu tua yang masih hidup secara  nomaden.
Ketika bansa Melanesoid dating, mereka mulai menetap, walaupun seminomaden. Jika sudah tidak mendapatkan lagi makanan mereka akan pindah. Oleh karena itu mereka memilh daerah yang banyak menghasilkan makanan, akibatnya benturan yang tidak terelakkan antara kebudayaan palaeothikum dengan kebudian mesolithikum. Pertemuan ini dapat mengakibatkan beberapa hal sebagai berikut :
a.    Penduduk asli ditumpas
b.    Mereka diharuskan masuk dan bersembunyi dipedalaman utk menyelamatkan diri
c.    Mereka yang ditaklukkan dijadikan raja.
Sekitar tahun 2000 SM, bangsa melanosoid yang akhirnya menetap di Nusantara kedatangan pula bangsa yg kebudayaannya jauh lebih tinggi yaitu bangsa melayu tua. Alasan yang menyebabakan bangsa melayu tua meninggalkan asalnya yaitu :
a.    Adanya desakan suku liar yang datingnya dari Asia tenggara.
b.    Adanya peperangan antar suku
c.    Adanya bencana banjir akibat sering meluapnya air sungai didaerah tersebut.

C.    Pendapat para ahli Mengenai kehidupan Awal
1.    Von Heine Geldern, berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah asia
2.    Drs. Moh Ali, berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri.
3.    Prof. dr. korm, bahwa bangsa Indonesia dari daerah cina karena didaerah cina tengah terdapat sumber-sumber sungai besar
4.    Prof. moh Yamin, berpendapat bahwa asal Indonesia yaitu Indonesia sendiri

No comments:

Post a Comment