Sunday, May 5, 2013

papan periodic maya


Di entri kali ini aku bakal ceritain tentang kisah aku mengenai tugas dari guru. Biasanya kita dikasih tugas oleh guru biasanya dalam bentuk PR, trus bikin makalah/proposal, atau gambar. Tapi kali ini khusus anak kreatif dan hiperaktif yaitu TWELLVACTWO. Kami disuruh oleh bu enda guru kimia untuk ngebuat papan periodic tapi kali ini dalam dibuat dengan cara yang berbeda yaitu dalam bentuk periodic suku maya. Biasanya ni kalian liat table periodic dalam bentuk kotak, tapi kali ini kami dalam bentuk lingkaran.
                Well semula kami bingung mesti gimanaa, setelah dirembuk kembali alhasil kami dapet ide untuk proyek kami ini. Ketua untuk proyek ini yaitu reza dan aulia. Udah ketemu ide untuk bahan periodic itu kami langsung ngebuatnya dirumah nopan. Semula emang kerumah opan, tapi karena opannya waktu itu kesleo trus lagi gak ada dirumah jadi mereka memutuskan untuk dirumah aku –karena rumah aku sama opan deketan--. Kebiasaan anak twellvactwo yaitu ngaret,, janjian ngerjain jam 10 eeh jadi jam setengah 12 –itu pun masih banyak yang belum dateng--.
                Yang kami lakuin pertama yaitu ngebentuk lingkaran. Terus dilanjuti dengan memotong karton. Ngeliat temen aku yang sering dipanggil cius –rika andriani— susah banget buat motong tu karton, trus aku pengen coba motongnyaaaa, daan ternyata asli karton itu susah banget buat dipotong. Kalo motong kayu si masih mending walaupun dipotong tetep bisa ehg ini karton gak susah. Kami aja motongnya pake pisau dapur, kalo pake gunting malahan tangan kita sakit dan bisa-bisa matahin tu gunting. Abis motong karton kami gunting-gunting karton warna-warni buat ditempel dilingkeran itu. Well karena dikerjain oleh berbagai tangan dan hasil nya nggak memuaskan. Sebenernya si banyak yang bener posisinya tapi banyak juga yang salah. Wanda yang emosian jelas marah dan kesel, kenapa bisa nggak sama. Alhasil yang salah kami ulang lagi.
                Pas hari kedua, kami nglenjuti lagi disekolah buat nempel dan ngemotong kertas warna yang kurang. Nah pas hari kedua pengerjaan ada yang ngebuat kesel yaitu aulia. Aku kesel banget kalo mau niat ngebantui gak perlu marah-marah. Emang si aku nggak ngerespon apa yang dia bilang, dia pengen ngebantu. Ya aku kesel sama dia, dia itu ketua proyek ini tapi malah pas ngerjainnya dia nggak dateng. Semula aku sabar aja denger ocehan nggak jelas dia, tapi makin lama dia makin kenceng dan makin ngebuat emosi gue naik. Daan jjjegerr puncak kemarahan dan aku meluapkannya dengan cara marahin balik dengan nada yang lebih keras. Semakin dia pelan semakin kencang pula suara aku. Itu pertama dan jadi terakhir kali aku marah sama dia. Sebenernya aku udah nahaan untuk nggak marah balik kedia,, tapi karena kelewatan kesel sama dia dan emosi lama yang dipendem kedia jadi aku marahin balik dia. Ya bisa dibilang aku ngebentak dia. Abis ngemarahi orang, emosi aku udah meluap alhasil aku nangis – kebiasaan aku kalo marah-marah nggak jelas sama orang--. Masalah itupun selesai dalam waktu satu hari. Dan kita langsung baikan.
                Setelah selsai ditempel terus kami kasih kewanda soalnya Cuma dia yang taubuat nulisnya. Udah ditulis tibala waktu yang menegangkan yaitu ngebolongi tengah karton itu. Pertama gagal karena kami salah paku, alias pakunya ketanjep dimeja, yang kedua juga gagal karena saat diputer posisinya nggak sesuai. Dan yang ketiga kami berhasil untu menyatukan kepingan lingkaran itu.
                Sebenernya si periodic ini bisa dibuat dalam waktu 2 minggu aja. Tapi karena terlalu lama nginep dirumah aulia –alesannya si dia males buat ngebawanya—jadi hampir 2 bulan. Selain nginep dirumah aulia pengerjaan yang bikin lama yaitu kami bingung buat dialasi pake apa.
                Dan kurang lebih 2 bulan periodic itu pun jadi. Senengnya dan hasilnya sangat memuaskan, kami bangga dengan karya kami sendiri, walaupun kami bukan kelas unggulan tapi kami berhasil ngebuat proyek kimia yang luar biasa keren. Gak percuma deh udah marah-marahi aulia gara-gara masala yang sepele. AKU BANGGA DE BISA SATU KELAS DENGAN TWELLVACTWO. YANG MEMUASKAN lagi bu enda seneng dengan hasil kami. Yeee !!! makasih bu enda atas tugasnya, semula aku udah pesimis aja gimana ngebuatnya, tapi akhirnya berhasil. Emang bener ya anak hiperktif itu anak yang kreatif.
                Oh iya ini ni adasedikit poto saat kami ngebuat nya dan papan periodic yang belum selesai.

Saat dirumah aku






Dan papan periodic pas selesai dipaku atau disatuin
Dan hasilnya lebih bagus dari yang ada dipoto. Ya mungkin karena belum selesai atau mungkin factor kamera, entah la.  -,-“

No comments:

Post a Comment